PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA SUB POKOK BAHASAN SEGIEMPAT KELAS VII DI SMPN 1 LOSARI KABUPATEN CIREBON

Nina Marlina Dewi, (2012) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA SUB POKOK BAHASAN SEGIEMPAT KELAS VII DI SMPN 1 LOSARI KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127350013_NINA MARLINA_58451119__ok.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Nina Marlina Dewi, PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA SUB POKOK BAHASAN SEGIEMPAT KELAS VII DI SMP NEGERI 1 LOSARI Gejala umum yang terjadi pada siswa saat ini adalah “malas berpikir” mereka cenderung menjawab pertanyaan atau masalah dengan cara mengutip dari buku atau sumber lain tanpa mengemukakan pendapat atau analisisnya terhadap pendapatnya tersebut. Bila keadaan ini berlangsung terus menerus maka siswa akan mengalami kesulitan mengaplikasikan pengetahuan yang diperolehnya dikelas dengan kehidupan nyata. Untuk mencari solusi dari permasalahan “Malas Berpikir Pada Siswa SMPN 1 Losari” Maka strategi yang digunakan oleh penulis pada skripsi ini adalah strategi pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap kemmapuan berpikir kritis siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah seberapa baik respon siswa terhadap strategi pembelajaran Realistic Mathematics education (RME), seberapa baik kemampuan berpikir kritis siswa SMPN 1 Losari dan seberapa besar pengaruh strategi pembelajaran Realistic Mathematics education (RME) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di SMPN 1 Losari. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui baik tidaknya respon siswa terhadap strategi pembelajaran Realistic Mathematics education (RME), untuk mengetahui baik tidaknya kemampuan berpikir kritis siswa SMPN 1 Losari dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh strategi pembelajaran Realistic Mathematics education (RME) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di SMPN 1 Losari. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, angket dan tes. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Losari. Dipilih dua kelas secara Sample Random sampling, yaitu kelas VII 4 sebagai kelas eksperimen dan VII 5 sebagai kelas kontrol. Pada akhir pembelajaran, kedua kelas sampel diberi tes yang memuat indikator kemampuan berpikir kritis. Variabel penelitian adalah penerapan strategi pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dan kemampuan berpikir kritis. Data hasil angket sebagai variabel X dan data hasil tes sebagai variabel Y.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 16 Mar 2017 07:20
Last Modified: 07 Jun 2017 01:19
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/938

Actions (login required)

View Item View Item