PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA YANG MENGGUNAKAN PENILAIAN KINERJA DENGAN PENILAIAN CHECK LIST PADA SUB POKOK BAHASAN PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG

Sri Wulandari, (2012) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA YANG MENGGUNAKAN PENILAIAN KINERJA DENGAN PENILAIAN CHECK LIST PADA SUB POKOK BAHASAN PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127350014_SRI WULANDARI_58450994__ok.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sri Wulandari : PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA YANG MENGGUNAKAN PENILAIAN KINERJA DENGAN PENILAIAN CHECK LIST PADA SUB POKOK BAHASAN PERESEGI DAN PERSEGI PANJANG Upaya peningkatan kualitas pendidikan tidak lepas dari strategi mengajar, metode atau model pembelajaran, evaluasi atau penilaian yang diberikan kepada peserta didik. Namun evaluasi yang sering digunakan jenis tes yaiu tes uraian dan tes objektif, hasil yang dicapai selalu kurang memuaskan karena nilai kurang dari KKM ( Kriteria Ketuntasan Maksimal ). Agar hasil dapat maksimal dengan cara menggabungkan teknik evaluasi tes dan non tes dalam proses pembelajaran. Disini penulis menggunakan alat evaluasi jenis tes dan nontes, tes yaitu tes objektif pilihan ganda, sedangkan nontes yaitu penilaian kinerja dan penilaian check list.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan penilaian kinerja dan penilaian check list, dan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa yang menggunakan penilaian kinerja dan penilaian check list. Penentuan teknik evaluasi jenis non tes ini disesuaikan dengan materi, dan memungkinkan siswa belajar lebih baik. Penilaian kinerja dan penilaian check list sebagai evaluasi atau penilaian alternatif jenis non tes yang membuat siswa mampu bekerja untuk menghasilkan produk danberani menggali kemampuan yang dimiliki. Sehingga siswa mampu memahami materi dengan baik dan bisa meningkatkan hasil belajar agar mencapai KKM. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs PUI Ciwedus Timbang yang terdiri dari 125 siswa. Dalam penelitian ini dipilih dua kelas yaitu kelas VII A yang berjumlah 30 siswa sebagai kelompok 1 yang menggunakan penilaian kinerja dan kelas VII B yang berjumlah 30 siswa sebagai kelompok 2 yang menggunakan penilaian check list. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tesdannontes. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan uji hipotesis. Perbandingan hasil belajar siswa antara yang menggunakan penilaian kinerja dengan penilaian check listterdapat perbedaan yang signifikan, hal itu ditunjukkan dengan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,00 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dilihat dengan cara membandingkan rata-rata nilai gabungan (tes dan nontes) kelas eksperimen 1 dengan kelas eksperimen 2, rata-rata nilai gabungan hasil belajar matematika kelas eksperimen 1 sebesar 84,95 dengan kategori baik sekali. Sedangkan rata-rata nilai gabungan (tes dan nontes)hasil belajar siswa kelas eksperimen 2 sebesar 78,67 dengan kategori baik. Berdasarkan hal tersebut, terdapat perbedaan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Evaluasi, Tes, Nontes yaitu PenilaianKinerjadanCheck List, Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 16 Mar 2017 07:25
Last Modified: 07 Jun 2017 02:52
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/939

Actions (login required)

View Item View Item