PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA ANTARA SISWA YANG BELAJAR MENGGUNAKAN BUKU TEKS DENGAN SISWA YANG BELAJAR MENGGUNAKAN LEMBAR KEGIATAN SISWA PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI DATAR

AEP SAEPUDIN, (2012) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA ANTARA SISWA YANG BELAJAR MENGGUNAKAN BUKU TEKS DENGAN SISWA YANG BELAJAR MENGGUNAKAN LEMBAR KEGIATAN SISWA PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI DATAR. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127350015_AEP SAEPUDIN_58451104__ok.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

AEP SAEPUDIN: “PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA ANTARA SISWA YANG BELAJAR MENGGUNAKAN BUKU TEKS DENGAN SISWA YANG BELAJAR MENGGUNAKAN LEMBAR KEGIATAN SISWA PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI DATAR (Studi Eksperimen di Kelas VIII SMPN 1 Sindangwangi)” Keberhasilan pembelajaran matematika tidak luput dari persiapan peserta didik dan juga persiapan gurunya. Sebelum pelaksanaan proses pembelajaran di kelas, seorang guru terlebih dahulu harus mengorganisasi sumber belajar yang akan disampaikan. Salah satu cara mengorganisasi sumber belajar tersebut ialah dengan mempersiapkan, menyusun dan mengembangkan bahan ajar. Bahan ajar yang umum dan jamak dijumpai ialah berupa buku teks, buku suplemen dan lembar kegiatan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang belajar menggunakan buku teks dengan siswa yang belajar menggunakan lembar kegiatan siswa pada bidang studi matematika di SMPN 1 Sindangwangi Kabupaten Majalengka. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah terdapat perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang belajar menggunakan buku teks dengan siswa yang belajar menggunakan lembar kegiatan siswa. Pembelajaran menggunakan buku teks yaitu pembelajaran yang menggunakan buku/bahan tertulis yang menyajikan ilmu pengetahuan, secara terstruktur. Pembelajaran menggunakan lembar kegiatan siswa adalah belajar menggunakan lembaran-lembaran berisi tugas yang harus dikerjakan oleh peserta didik yang berupa petunjuk dan atau langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu tugas. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII SMPN 1 Sindangwangi tahun ajaran 2011-2012 yang berjumlah 5 kelas dengan 176 siswa. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan cluster random sampling yaitu dengan cara diundi sehingga peluang semua kelas sama untuk dijadikan sampel. kelas VIII.C yang berjumlah 34 siswa terpilih menjadi sampel eksperimen I dan kelas VIII.B yang berjumlah 37 siswa terpilih menjadi sampel eksperimen II. Pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar, kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji t pooled varians. Hasil penelitian dengan uji hipotesis menunjukan bahwa nilai thitung adalah -2,11, pada taraf kepercayaan 95% (signifikansi 5%) t tabel adalah 1,99. Maka dapat disimpulkan bahwa - thitung < - ttabel (-2,11<-1,99) yang berarti bahwa hipotesis H0 ditolak dan hipotesis H1 diterima. Artinya terdapat perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang belajar menggunakan buku teks dengan siswa yang belajar menggunakan lembar kegiatan siswa. Selain itu dapat dilihat pula persentase ketuntasan belajar siswa yang menggunakan buku teks sebesar 79,41% dengan nilai rata-rata 63,97 sedangkan persentase ketuntasan belajar siswa yang menggunakan LKS sebesar 89,19% dengan nilai rata-rata 69,75. Keyword: Bahan Ajar, Buku Teks, Lembar Kegiatan Siswa dan Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 16 Mar 2017 07:34
Last Modified: 05 Jun 2017 07:46
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/940

Actions (login required)

View Item View Item