PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA ANTARA SISWA YANG MENGGUNAKAN TES PILIHAN GANDA TIPE ANALISIS KASUS DENGAN TES URAIAN TERBATAS DI SMP NEGERI 4 PALIMANAN

Desi Trisna Ermawati, (2012) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA ANTARA SISWA YANG MENGGUNAKAN TES PILIHAN GANDA TIPE ANALISIS KASUS DENGAN TES URAIAN TERBATAS DI SMP NEGERI 4 PALIMANAN. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127350018_DESI TRISNA ERMAWATI_58451061__ok.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Desi Trisna Ermawati : Perbandingan Hasil Belajar Matematika antara Siswa yang Menggunakan Tes Pilihan Ganda Tipe Analisis Kasus dengan Tes Uraian Terbatas Di SMP Negeri 4 Palimanan. Salah satu kemampuan siswa yang dianggap rendah adalah kemampuan dalam menyelesaikan soal matematika berbentuk cerita. Pada dasarnya setiap siswa menghendaki agar memperoleh hasil belajar yang maksimal. Namun, kenyataanya masih banyak siswa yang hasil belajarnya di bawah standar yang diharapkan. Hal ini memotivasi guru untuk melakukan berbagai cara / usaha untuk mengatasi rendahnya hasil belajar matematika. Salah satu cara tersebut adalah dengan mengadakan perubahan penggunaan bentuk tes, yaitu tes pilihan ganda tipe analisis kasus / tes uraian terbatas terhadap peningkatan hasil belajar matematika di SMP Negeri 4 Palimanan. Berdasarkan uraian diatas, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar matematika antara siswa yang menggunakan tes pilihan ganda tipe analisis kasus dan yang menggunakan tes uraian terbatas. Serta untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan tes pilihan ganda dengan siswa yang menggunakan tes uraian terbatas. Penelitian ini bertolak pada pemikiran bahwa penilaian berfungsi sebagai alat untuk mengetahui keberhasilan proses dan hasil belajar siswa. Proses adalah kegiatan yang dilakukan oleh siswa dalam mencapai tujuan pengajaran, sedangkan hasil belajar adalah kemampuan-kemampuan yang dimiliki siswa setelah ia menerima pengalaman belajarnya. Metode yang digunakan adalah eksperimen dan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan tes. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII SMP Negeri 4 Palimanan. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan random sampling dan terpilih kelas VII E sebagai Kelompok I yang menggunakan tes pilihan ganda tipe analisis kasus dan kelas VII D sebagai Kelompok II yang menggunakan tes uraian terbatas. Rumus yang digunakan dalam menganalisis data adalah rumus perbandingan statistik uji t. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa pada kelompok I pada tes awal (pre-test) sebesar 24,70 sedangkan pada tes akhir (post-test) nilai rata-rata sebesar 51,45 dengan ngain 0,36. Sedangkan hasil belajar siswa pada kelompok II bahwa pada tes awal (pre-test) sebesar 29,65 sedangkan pada tes akhir (post-test) nilai rata-rata sebesar 61,11 dengn ngain 0,45. N-gain dari hasil belajar pada kelompok I dan kelompok II dikategorikan sedang. Adapun hasil uji hipotesis dengan uji t pada taraf signifikan 5%, derajat kebebasan (df) N1+N2-2 atau 78-2=76 maka ttable sebesar 1,992 dengan thitung pada Uji Independent Sample T-test sebesar -2.096, jadi thitung ≤ ttable (-2.096≤ 1,992) maka Ho ditolak. Dalam hal ini, hasil belajar matematika siswa yang menggunakan tes uraian terbatas lebih baik daripada yang menggunakan tes pilihan ganda tipe analisis kasus.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 16 Mar 2017 07:45
Last Modified: 06 Jun 2017 03:10
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/943

Actions (login required)

View Item View Item