PERBANDINGAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA ANTARA YANG MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DENGAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT

Angga Perdana, (2012) PERBANDINGAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA ANTARA YANG MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DENGAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127350020_ANGGA PERDANA NIM 07450632__ok.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Angga Perdana :Perbandingan aktivitas belajar siswa antara yang menggunakan pembelajaran konvensional dengan cooperative learning tipe teams games tournament Pembelajaran matematika masih dirasakan sulit oleh mayoritas siswa sehingga siswa tidak dapat menangkap konsep dengan benar. Selain itu, strategi yang digunakan guru dalam pembelajaran matematika mayoritas masih menggunakan metode konvensional dan guru pun lebih sering mengajarkan konsep-konsep matematika yang abstrak secara verbal dalam artian jarang sekali mengaitkan konsep-konsep tersebut dengan realita kehidupan yang nyata, sehingga membuat siswa merasa jenuh dan kurang bersemangat. Akibatnya, prestasi belajar matematika siswa kurang maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas belajar siswa pada saat pembelajaran matematika dengan menggunakan pembelajaran konvensional, mengetahui aktivitas belajar siswa pada saat pembelajaran matematika dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TGT ( Teams Games Tournament), mengetahui perbedaan aktifitas siswa antara pembelajaran konvensional dengan pembelajaran kooperatif tipe TGT ( Teams Games Tournament), mengetahui perbedaan prestasi belajar matematika siswa antara pembelajaran konvensional dengan pembelajaran kooperatif tipe TGT ( Teams Games Tournament). Penelitian ini bertitik tolak dari pemikiran bahwa pembelajaran dengan menggunakan cooperative learning tipe teams games tournament membuat siswa lebih aktiv sehingga mengakibatkan prestasi belajar siswa yang lebih baik. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Arjawinangun Kabupaten Cirebon Tahun Ajaran 2011/2012, dengan kelas VII A sebagai kelas eksperimen sedangkan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan untuk pengumpulan datanya menggunakan hasil observasi dan hasil tes. Adapun teknik analisis datanya menggunakan program SPSS versi 17. Aktivitas belajar siswa siswa dengan menggunakan pembelajaran kooperatif teams games tournament lebih tinggi daripada pembelajaran konvensional . Prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif teams games tournament lebih tinggi dibandingkan dengan prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 16 Mar 2017 07:56
Last Modified: 06 Jun 2017 01:59
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/945

Actions (login required)

View Item View Item