PERBANDINGAN ANTARA PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN KONVESIONAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI HIMPUNAN PADA SISWA KELAS VII SMP AL WASHLIYAH KABUPATEN CIREBON

SARKANI, (2012) PERBANDINGAN ANTARA PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN KONVESIONAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI HIMPUNAN PADA SISWA KELAS VII SMP AL WASHLIYAH KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127350021_SARKANI__ok.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

SARKANI (07450745): Perbandingan Antara Pembelajaran Problem Based Learning dan Konvensional Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Himpuna Pada Siswa Kelas VII SMP Al Washliyah Sumber Cirebon Penelitian ini bertitik tolak pada permasalahan dalam proses belajar-mengajar sekarang ini pada umumnya pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan oleh guru sangat kurang sekali. Hal ini disebabkan karena banyak siswa yang mampu menguasai tingkat hafalan yang bagus, tetapi mereka tidak bisa memahami lebih mendalam materi pelajaran yang didapat. Pemecahan masalah merupakan suatu hal yang sangat penting dalam pembelajaran matematika. Akan tetapi, kemampuan pemecahan masalah matematika pada saat sekarang ini masih rendah. Adapun tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa yang di ajar menggunakan pembelajaran problem based learning, 2) Untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa yang di ajar menggunakan pembelajaran Konvensional, 3) Untuk menguji apakah penggunaan pendekatan problem based learning dapat meningkatakan hasil belajar matematika. Hipotesis dalam penelitian ini adalah bahwa hasil belajar siswa yang di ajar dengan menggunakan pendekatan problem based learning lebih tinggi dari pada siswa yang di ajar dengan menggunakan pendekatan yang biasa berlangsung. Bahwa untuk membangun struktur kognitif siswa agar dapat menguasai dan memahami materi pelajaran matematika diperlukan suatu model pembelajaran yang sesuai. Salah satu alternatif model pembelajaran yang memungkinkan dikembangkannya kemampuan berfikir siswa (penalaran,komunikasi dan koneksi) dalam memecahkan masalah adalah pembelajaran berbasis masalah (problem based learning). Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas VII SMP Al Washliyah Sumber Cirebon tahun ajaran 2011/2012 yang sampelnya dipilih secara purposif yaitu kelas VII-B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-C sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dengan cara pemberian pretes dan postes. Sedangkan instrumen penelitian berupa soal tes tulis. Berdasarkan hasil analisis data penelitian pada kelas yang mendapatkan pembelajaran dengan model problem based learning diperoleh rata-rata pretes 34,64 dan postes 69,10 sehingga terdapat kenaikan sebesar 34,46, sedangkan untuk kelas yang mendapatkan pembelajaran dengan model pembelajaran biasa diperoleh nilai rata-rata pretes 37,07 dan postes 58,40 sehingga terdapat peningkatan sebesar 21,33. Hal ini didukung Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran Problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Hal ini dapat ditunjukan dari hasil analisis bahwa nilai thitung > ttabel yaitu 33,435 >2,020. Diketahui pula bahwa terdapat perbedaan pengaruh antara pembelajaran yang menggunakan model problem based learning dengan pembelajaran biasa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Hal ini ditunjukan dari hasil analisis bahwa thitung > ttabel yaitu 3,716 > 1,989. Dari bukti di atas, maka pendekatan pembelajaran model problem based learning dapat dijadikan sebagai salah satu pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 16 Mar 2017 07:59
Last Modified: 07 Jun 2017 02:06
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/946

Actions (login required)

View Item View Item