PENGARUH PERCAYA DIRI SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS VII MTs PUI CIWEDUS TIMBANG

Aan Andriyani, (2012) PENGARUH PERCAYA DIRI SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS VII MTs PUI CIWEDUS TIMBANG. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127350024_AAN ANDRIYANI_58450976__ok.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Aan Andriyani, NIM 58450976. Pengaruh Percaya Diri terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTs PUI Ciwedus Timbang Kecamatan Cigandamekar Kabupaten Kuningan. Skripsi. Cirebon : Fakultas Tarbiyah, Tadris Matematika, Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati, Juni 2012. Keberhasilan proses belajar mengajar matematika tidak terlepas dari persiapan peserta didik dan persiapan para tenaga pendidik. Seorang guru harus bisa menumbuhkan semangat dan percaya diri kepada siswanya agar mereka termotivasi untuk mengembangkan potensinya terutama dalam pelajaran matematika dimana mata pelajaran matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit oleh siswa. Banyak siswa yang tidak memiliki rasa percaya diri dalam mengerjakan tugas matematika, sehingga siswa cenderung menganggap bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit. Anggapan tersebut harus diluruskan dengan mengembangkan keyakinan dan rasa percaya diri siswa. Dengan harapan percaya diri dapat mempengaruhi prestasi belajar matematika siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat percaya diri siswa di MTS PUI Ciwedus Timbang dan untuk mengkaji ada tidaknya pengaruh percaya diri siswa terhadap prestasi belajar matematika di kelas VII MTs PUI Ciwedus Timbang tahun ajaran 2011-2012. Percaya diri adalah suatu sikap positif yang dimiliki oleh seseorang. Sikap tersebut dapat mengembangkan penilaian yang positif baik terhadap diri sendiri, orang lain maupun lingkungannya. Sedangkan prestasi belajar merupakan gambaran keberhasilan suatu proses pembelajaran dalam upaya mengoptimalkan kemampuan kognitif yang dimiliki siswa melalui suatu kegiatan pembelajaran yang diikutinya. Seseorang yang memiliki rasa percaya diri tinggi mampu meraih apa yang diinginkan, termasuk prestasi belajar matematika. Hal ini karena didorong oleh motivasi dan keyakinan yang kuat. Besarnya populasi pada penelitian ini adalah sebanyak 126 siswa. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik cluster sampling. Metode penelitian ini dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yang mengujikan ada tidaknya pengaruh variabel X terhadap variabel Y. Siswa kelas VII MTs PUI Ciwedus Timbang dikategorikan memiliki tingkat percaya diri yang cukup. Hal ini dapat dilihat pada perolehan skor rata-rata hasil angket percaya diri sebesar 69,74 dan prestasi belajar pada bidang studi matematika yang cukup tinggi, dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 77,867. Berdasarkan hasil analisis data dengan bantuan program SPSS diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan percaya diri terhadap prestasi belajar matematika siswa di MTs PUI Ciwedus Timbang dengan perolehan koefisien determinasi sebesar 68,6% yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif. Selain itu dengan menggunakan taraf signifikansi 95% didapat hasil uji t dengan thitung = 7,815 dan ttabel = 1,697. Karena thitung > ttabel sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Kata Kunci : Percaya Diri, Prestasi Belajar Matematika

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 16 Mar 2017 08:19
Last Modified: 06 Jun 2017 01:46
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/951

Actions (login required)

View Item View Item