PENGARUH PEMAHAMAN BIDANG DATAR TERHADAP KEMAMPUAN PENYELESAIKAN SOAL-SOAL KUBUS ( Studi Kasus di Kelas VIII SMP Negeri 12 Kota Cirebon )

Salwiana, (2012) PENGARUH PEMAHAMAN BIDANG DATAR TERHADAP KEMAMPUAN PENYELESAIKAN SOAL-SOAL KUBUS ( Studi Kasus di Kelas VIII SMP Negeri 12 Kota Cirebon ). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127350025_SALWIANA_58451092__ok.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Salwiana, NIM 5841092. PENGARUH PEMAHAMAN BIDANG DATAR TERHADAP KEMAMPUAN PENYELESAIKAN SOAL-SOAL KUBUS ( Studi Kasus Di Kelas VIII SMP Negeri 12 Kota Cirebon ) . Skripsi. Cirebon: Fakultas Tarbiyah, Tadris Matematika, Insitut Agama Islam Negeri, Juli 2012 Matematika tidak hanya berhubungan dengan bilangan-bilangan tetapi juga ruang yang sering kita kenal dengan geometri. Salah satu kajian dalam geometri adalah tentang kubus merupakan bangun ruang dan persegi merupakan bidang datar. Kemampuan penyelesaikan soal-soal kubus diperlukan pemahaman materi pada bidang datar di batasin pada materi persegi lebih mendalam, sehingga siswa dapat menyelesaikan soal-soal kubus dengan mudah dan benar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Kota Cirebon dalam memahami materi pada bidang datar dibatasi pada pokok bahasan persegi dan kemampuan mereka dalam penyelesaikan soal-soal matematika yang berkaitan dengan kubus, serta untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pemahaman materi persegi terhadap kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Kota Cirebon dalam menyelesaikan soal-soal matematika yang berhubungan dengan kubus. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Kota Cirebon. Sampel yang diambil adalah kelas VIII B. Pendekatan penelitian adalah kuantitatif. Instrument yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini menggunakan tes. Berdasarkan hasil analisis data, nilai rata-rata tes pemahaman materi persegi adalah 65,85 dan nilai rata-rata pencapain indicator sebesar 63,98%. Sedangkan nilai rata-rata tes kemampuan menyelesaikan soal-soal kubus adalah 64,275 dan nilai rata-rata pencapaian indicator sebesar 64,25%. Hasil pengujian hipotesis memperoleh thitung > ttabel atau 3,9125 > 1,684, maka Ha diterima dan Ho ditolak artinya variable X dan variable Y memiliki pengaruh yang signifikan. Sedangkan , besar pengaruh dapat diketahui dari persamaan regresi yaitu 27,031 + 0,572X. Setelah dilakukan uji hipotesis dengan = 0,05, diperoleh bahwa ada pengaruh pemahaman bidang datar dibatasin materi persegi terhadap kemampuan peyelesaikan soal-soal kubus dengan koefisien determinasi sebesar 28,73% dan sisanya disebabkan oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 16 Mar 2017 08:23
Last Modified: 07 Jun 2017 02:39
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/952

Actions (login required)

View Item View Item