PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA METODE PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DENGAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE PADA POKOK BAHASAN SEGITIGA (Studi Eksperimen di Kelas VII MTs Sabilul Chalim Leuwimunding Majalengka)

NURPRAIDA, (2012) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA METODE PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DENGAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE PADA POKOK BAHASAN SEGITIGA (Studi Eksperimen di Kelas VII MTs Sabilul Chalim Leuwimunding Majalengka). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127350026_NUR PRAIDA_58451033__ok.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

NURPRAIDA : Perbandingan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Metode Pembelajaran Snowball Throwing dengan pembelajaran Kooperatif Think Pair Share pada pokok Bahasan Segitiga di MTs Sabilul Chalim Leuwimunding Kabupaten majalengka. Kebanyakan siswa yang masih memandang matematika sebagai pelajaran yang sulit, hal ini mengakibatkan hasil belajar siswa menjadi rendah. Untuk dapat menghilangkan pandangan tersebut sedikit demi sedikit salah satu caranya yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan siswa dengan menggunakan metode pembelajaran dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan Segitiga, untuk mengetahui rata-rata hasil belajar siswa yang mengguanakan metode pembelajaran Snowball Throwing, untuk mengetahui rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran Think pair Share dan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika metode pembelajaran Snowball Throwing dengan Think Pair Share dari observasi dan tes dalam penelitian. Dalam pembelajaran matematika peserta didik dihadapkan pada perhitungan angka-angka sehingga membutuhkan metode pembelajaran agar siswa tidak merasa jenuh, seperti metode pembelajaran Snowball Throwing dengan metode pembelajaran Think Pair share. Metode pembelajaran tersebut membantu siswa lebih aktif dalam belajar dikelas. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen kuantitatif. Adapun teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MTs Sabilul Chalim Leuwimunding Majalengka dan yang sampelnya adalah kelas VII B dan C. Pengambilan sampel ini dilakukan dengan cara Purposive Sampling. Untuk menganalisis datanya menggunakan uji prasayarat yaitu dengan menggunakan Uji Normalitas, uji Homogenitas dan Uji Hipotesis. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan prestasi belajar dikelas yang menggunakan metode pembelajaran Snowball Throwing dengan metode pembelajaran Think Pair Share yang dapat dilihat dari hasil post test, hasil signifikansinya (sig. 2-tailed) adalah 0,000. Dengan rata-rata post test 75,66 dan 85,16. Karena nilai sig 0,000 < 0,05 hal ini menunjukkan data tersebut signifikansi terdapat perbedaan hasil belajar yang menggunakan metode pembelajaran Snowball Throwing dengan metode pembelajaran Think pair Share.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 16 Mar 2017 08:26
Last Modified: 06 Jun 2017 07:39
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/953

Actions (login required)

View Item View Item