PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KOMIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP PEMAHAMAN MATEMATIKA SISWA DALAM BENTUK SOAL CERITA PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI DATAR KUBUS DAN BALOK (Studi Eksperimen di Kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Cirebon)

Neni Ratna Sari, (2012) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KOMIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP PEMAHAMAN MATEMATIKA SISWA DALAM BENTUK SOAL CERITA PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI DATAR KUBUS DAN BALOK (Studi Eksperimen di Kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img] Spreadsheet
REKAP PENGEMBALIAN & PERPANJANGAN BUKU 2017.xlsx

Download (106kB)
[img]
Preview
Text
127350028_NENI RATNA SARI_58451031__ok.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Neni Ratna Sari:“Pengaruh Penggunaan Media Komik Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Pemahaman Matematika Siswa Dalam Bentuk Soal Cerita Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Kubus Dan Balok (Studi Eksperimen di Kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Cirebon)” Berdasarkan studi pendahuluan pada tanggal 17 Oktober sampai dengan 19 November 2011 di SMP N 3 Kota Cirebon ketika peneliti melaksanakan PPL II, penggunaan media dalam pembelajaran matematika masih menggunakan media bahan ajar cetak berupa buku cetak matematika. Sehingga siswa jika dihadapkan pada bentuk soal cerita akan mengalami kesulitan dalam memahami kalimat matematika yang disajikan dalam bentuk soal cerita. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran matematika yang biasa digunakan oleh guru matematika, untuk mengetahui pengaruh penggunaan media komik dalam pembelajaran matematika terhadap pemahaman matematika siswa dalam bentuk soal cerita, dan untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan media komik. Dalam penelitian ini, peneliti menduga terdapat pengaruh positif penggunaan media komik dalam pembelajaran matematika terhadap pemahaman matematika siswa dalam bentuk soal cerita. Media komik dalam pembelajaran matematika bermaksud untuk menghilangkan pesan yang bersifat verbalisme dengan memberikan bekal kemampuan memahami bahasa. Dengan ditampilkannya lambang-lambang visual pada komik pembelajaran matematika, siswa dapat menangkap maksud yang terkandung dalam setiap bentuk soal cerita. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VIII.F sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII.C sebagai kelas kontrol. Setelah data diperoleh, kemudian dianalisis dengan menggunakan uji prasyarat analisis (uji normalitas dan uji homogenitas) dan uji hipotesis (uji t-test independent). Model pembelajaran yang biasa digunakan oleh guru matematika dengan menggunakan model pembelajaran langsung yaitu menggunakan metode ceramah, diskusi, dan tanya jawab. Uji hipotesis Ha : μ1 ≠ μ2 dan Ho : μ1 = μ2 dari kedua kelas diperoleh nilai pvalue < alpha yaitu 0,000 < 0,05 maka menolak Ho dan menerima Ha, artinya terdapat pengaruh positif penggunaan media komik dalam pembelajaran matematika terhadap pemahaman matematika siswa dalam bentuk soal cerita dengan nilai rata-rata pada kelas eksperimen 75,57 dan kelas kontrol 64,43 maka dapat dikatakan pemahaman matematika pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Respon siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan media komik dari aspek kesenangan sebesar 83%, aspek kemudahan 77%, dan aspek ketertarikan 57%. Kata kunci : Media Komik, Pemahaman Matematika.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 17 Mar 2017 02:48
Last Modified: 07 Jun 2017 01:16
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/954

Actions (login required)

View Item View Item