PENGARUH KESIAPAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) CILEDUG KABUPATEN CIREBON

JUMAENAH, (2012) PENGARUH KESIAPAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) CILEDUG KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127350029_JUMAENAH_58451076__ok.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

JUMAENAH :”Pengaruh Kesiapan Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa di Madrasah Aliyah Negeri(MAN) Ciledug Kab. Cirebon”. Berdasarkan survey pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti pada siswa kelas X di MAN Ciledug Kab. Cirebon kesiapan siswa dalam belajar dilihat masih kurang. Hal ini peneliti temui dan amati pada saat pembelajaran matematika berlangsung, bahwa tidak semua siswa mempunyai buku-buku paket maupun diktat yang relevan sebagai acuan atau pedoman lainnya untuk belajar matematika dikelas, kelengkapan belajar yang siswa bawa pun terlihat kurang, dilihat peneliti pada saat materi yang disapaikan oleh guru matematika sudah sampai pada Bab dimensi ruang siswa sepertinya kurang mempersiapkan alat-alat seperti penggaris, busur, dan alat kelengkapan lainnya. Selain itu juga ditemukan masalah lain, ketika siswa diberikan soal-soal latihan hanya beberapa siswa yang mampu mengerjakan sendiri dan berani untuk menyelesaikannya di depan kelas, serta hal lainnya. Hal ini menunjukkan bahwa kurangnya kesiapan siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan belajar siswa, dan seberapa besar prestasi belajar matematika siswa, serta pengaruh kesiapan belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X di MAN Ciledug Kab. Cirebon. Pemikiran ini bertitik tolak dengan pemikiran bahwa prestasi belajar matematika siswa akan bisa diraih oleh siswa ketika kesiapan belajar siswa ada, dan faktor-faktor lainnya yang mendukung prestasi belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di MAN Ciledug yang berjumlah 278 siswa terdiri dari 7 kelas. Sampel yang terambil berjumlah 74 siswa, dengan teknik penarikan Cluster Random Sampling dari 7 kelas yang ada maka di dapat 2 kelas yang dijadikan sebagai sampel yaitu kelas X3 dan X4. Pengumpulan data menggunakan studi dokumentasi dan angket. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa kesiapan belajar siswa menunjukkan nilai persentase 60,81% dalam kategori baik, dan persentase 39,19% termasuk dalam kategori kurang baik. Rata-rata nilai UAS yang diperoleh siswa sebesar 39,2 dengan nilai yang diperoleh antara 0 ≤ Y ≤ 64 di bawah standar nilai KKM. Berdasarkan hasil perhitungan thitung diperoleh 2,67 kaidah pengujian bahwa thitung ≥ ttabel, maka tolak H0 artinya signifikan, diketahui harga thitung = 2,67 dan ttabel = 1,257 sehingga thitung ≥ ttabel = 2,67 ≥ 1,257 maka H0 ditolak. Artinya ada pengaruh kesiapan belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas X di MAN Ciledug Kab. Cirebon. Kata Kunci: Kesiapan Belajar, Prestasi Belajar Matematika

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 17 Mar 2017 02:52
Last Modified: 06 Jun 2017 06:04
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/955

Actions (login required)

View Item View Item