PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA (AEM) ALGEBRAIC EXPERIENCE MATERIALS TERHADAP HASIL BELAJAR (Studi experiment di MTs. Ash - Shiddiqiyyah Kab.Cirebon)

Risalah Amaliyah, (2012) PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA (AEM) ALGEBRAIC EXPERIENCE MATERIALS TERHADAP HASIL BELAJAR (Studi experiment di MTs. Ash - Shiddiqiyyah Kab.Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127350030_RISALAH AMALIYAH_07450658__ok.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Risalah Amaliyah, NIM 07450658. “Pengaruh Penggunaan Alat Peraga AEM (Algebraic Experience Models) Terhadap Hasil Belajar Siswa”. SKRIPSI. CIREBON:fakultas Tarbiyah, Tadris Matematika, Institut Agama Islam Negeri, Mei 2012. Mts Ash – Shiddiqiyyah merupakan sekolah yang terbilang cukup lama didirikan, sehingga sarana dan prasarana yang mendukung pembelajaran cukup mendukung khususnya dalam mata pelajaran matematika. Dengan digunakannya strategi yang bervariasi siswa tidak akan merasa jenuh dan monoton dalam belajar. Hal ini dapat menumbuhkan minat siswa dalam belajar matematika. Namun pada kenyataannya masih banyak siswa yang kurang berminat dalam belajar matematika padahal guru matematika telah menggunakan strategi pembelajaran yang inovatif dan bervariasi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar respon siswa dalam menggunakan alat peraga AEM dan seberapa baik hasil belajar siswa setelah menggunakan alat peraga AEM, serta seberapa baik pengaruh penggunaan AEM terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan aljabar. Prestasi belajar adalah hasil belajar yang dicapai setelah melalui proses kegiatan belajar mengajar. Prestasi belajar siswa dapat ditunjukkan dalam bentuk nilai yang diberikan oleh guru raport yang merupakan hasil dari beberapa bidang studi yang telah dipelajari oleh peserta didik, penggunaan media alat peraga adalah salah satu cara yang dapat digunakan untuk menciptakan suasana belajar yang aktif, Kreatif, Efektif dan, Menyenangkan, karena dengan menggunakan alat peraga dalam proses belajar siswa tidak hanya menonton tapi siswa juga ikut andil dalam menggunakan alat peraga sehingga tercipta suasana belajar yang tidak monoton dan dapat menumbuhkan semangat dalam belajar matematika. Instrument dalam penelitian ini terdapat dua variabel, yaitu variabel X (bebas) dan variabel Y (terkait). Variabel X dalam penelitian ini adalah penggunaan alat peraga AEM, sedangkan variabel Y adalah hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bermaksud membandingkan suatu akibat perlakuan tertentu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B Mts. Ash – Shiddiqiyyah tahun ajaran 2011/2012 dengan jumlah siswa 30 orang sedangkan data yang diperlukan diperoleh melalui pemberian tes berupa angket dan soal tes tehnik analisis menggunakan uji normalitas, uji reabilitas kemudian di uji analisis data yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji linearitas. Hasil analisis tentang respon siswa dalam menggunakan alat peraga AEM dalam mata pelajaran matematika secara keseluruhan tergolong dalam kategori baik dengan persentase sebesar 75,4%, dan hasil belajar matematika siswa yang menggunakan alat peraga AEM yang diukur melalui tes secara keseluruhan tergolong kategori baik dengan persentase sebesar 78,33 %, dan pengaruh penggunaan alat peraga AEM terhadap hasil belajar matematika

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 17 Mar 2017 02:56
Last Modified: 07 Jun 2017 02:00
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/956

Actions (login required)

View Item View Item