PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) TERHADAP PEMAHAMAN MATEMATIKA (Studi Eksperimen di Kelas VIII SMPN 1 Sindangagung Kabupaten Kuningan)

Tia Pitria Junita, (2012) PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) TERHADAP PEMAHAMAN MATEMATIKA (Studi Eksperimen di Kelas VIII SMPN 1 Sindangagung Kabupaten Kuningan). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127350032_TIA (58451044)__ok.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tia Pitria Junita. NIM 58451044. “Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) Terhadap Pemahaman Matematika Pada Pokok Bahasan Kubus dan Balok (Studi Eksperimen Siswa Kelas VIII SMP Negri 1 Sindangagung Kabupaten Kuningan”. Skripsi. Cirebon: Fakultas Tarbiyah, Tardis Matematika, Institut Agama Islam Negri, Juli 2012. Pemahaman matematika merupakan salah satu tujuan penting dari setiap materi yang disampaikan dalam pembelajaran. Dengan pemahaman siswa dapat lebih mengerti akan konsep materi pelajaran matematika. Salah satu pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan pemahaman matematika dan aktivitas siswa dalam belajar adalah Pembelajaran Matematika Realistik (PMR). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon siswa terhadap penerapan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR). Mengetahui pemahaman matematika siswa setelah diterapkan PMR pada pokok bahasan kubus dan balok. Dan mengkaji seberapa besar pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) terhadap pemahaman matematika pada pokok bahasan kubus dan balok. Bertolak dari pemikiran bahwa dalam proses pembelajaran ini akan menumbuhkan pemahaman sehingga diperlukan sebuah cara atau metode yang menarik, kreatif, dan inofatif serta menyenangkan bagi siswa sehingga akan meningkatkan pemahaman siswa dan memotivasi siswa untuk turut aktif dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu salah satu pendekatan yang dapat diterapkan adalah penerapan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR), karena dalam PMR siswa diberikan kebebasan untuk mengeluarkan pendapat, idea atau gagasan matematikanya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Sindangagung, sedangkan sampel yang diambil adalah kelas VIII C yang bejumlah 35 siswa. Sampel ini diambil dengan menngunakan teknik cluster random sampling. Instrument dalam penelitian ini berupa angket dan tes. Setelah data diperoleh, kemudian data tersebut dianalisis dengan uji prasyarat analisis dan uji hipotesis untuk mencari besarnya pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) terhadap pemahaman matematika pada pokok bahasan kubus dan balok. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) mendapat respon baik (60%) dari siswa dengan rata-rata hasil angket 82,9. Pemahaman matematika siswa pada pokok bahasan kubus dan balok sebagian besar baik dengan prosentase pemahaman 70,11% dengan nilai rata-rata hasil tes 67,5. Dari hasil perhitungan diperoleh persamaan regresi Y= 0,853X dan di dapat kolerasi sangat baik yaitu sebesar 0,864. Dan berdasarkan uji hipotesis diperoleh nilai thitung = 9,880 dan ttabel = 2,04. Karena t hitung > t tabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) terhadap pemahaman matematika pada pokok bahasan kubus dan balok sebesar 74,7% dan sisanya dipengarui oleh faktor lainnya. Kata Kunci: Pembelajaran Matematika realistik (PMR), Pemahaman Matematika

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 17 Mar 2017 03:06
Last Modified: 07 Jun 2017 03:01
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/958

Actions (login required)

View Item View Item