PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN BILANGAN PECAHAN

Rany Tuniasih, (2012) PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN BILANGAN PECAHAN. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127350035_RANY TUNIASIH NIM 07450786__ok.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Rany Tuniasih : Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Bilangan Pecahan Pembelajaran matematika masih dirasakan sulit oleh mayoritas siswa sehingga siswa tidak dapat menangkap konsep dengan benar. Selain itu, strategi yang digunakan guru dalam pembelajaran matematika mayoritas masih menggunakan metode konvensional dan guru pun lebih sering mengajarkan konsep-konsep matematika yang abstrak secara verbal dalam artian jarang sekali mengaitkan konsep-konsep tersebut dengan realita kehidupan yang nyata, sehingga membuat siswa merasa jenuh dan kurang bersemangat. Akibatnya, prestasi belajar matematika siswa kurang maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran matematika dengan pembelajaran matematika realistik, mengetahui prestasi belajar matematika siswa dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pembelajaran matematika realistik terhadap prestasi belajar matematika siswa. Penelitian ini bertitik tolak dari pemikiran bahwa pembelajaran dengan menggunakan keadan real dalam pembelajaran matematika khususnya bilangan pecahan lebih mudah dipahami sehingga sangat berperan dalam pembelajaran. Pada hakikatnya pembelajaran merupakan kegiatan yang dilakukan untuk menciptakan suasana belajar.. Salah satu faktor yang membuat siswa malas belajar adalah karena pembelajaran yang monoton. Untuk menumbuhkan perhatian, keaktifan, dan siswa merasa senang dalam belajar matematika, pembelajaran matematika realistik ini merupakan cara yang tepat untuk merangsang siswa lebih aktif dalam proses belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Arjawinangun Kabupaten Cirebon Tahun Ajaran 2011/2012, sedangkan yang menjadi sampel adalah kelas VII B yang diambil secara cluster random sampling. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik korelasional dan untuk pengumpulan datanya menggunakan hasil angket dan hasil tes. Adapun teknik analisis datanya menggunakan program SPSS versi 17. Dalam penelitian ini ada dua variabel, yang pertama adalah pembelajaran matematika realistik dan yang kedua adalah prestasi belajar siswa. Dalam penelitian ini metode pengumpulan datanya berupa tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai R squer sebesar 11,4 %, dan ini dapat diartikan bahwa pengaruh pembelajaran matematika realistik sebesar 11,4 %. Sedangkan respon siswa terhadap pembelajaran matematika realistik rata-rata skor angketnya sebesar 63,13%. Berdasarkan hasil perhitungan diatas dapat disimpulkan bahwa terdapat

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 17 Mar 2017 03:39
Last Modified: 07 Jun 2017 02:02
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/961

Actions (login required)

View Item View Item