PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR TERHADAP KREATIVITAS BERPIKIR SISWA DALAM MATEMATIKA (Studi Kasus di Kelas XI IPA SMAN 1 Dukupuntang Kecamatan Dukupuntang Kabupaten Cirebon)

Agus Machrus, (2012) PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR TERHADAP KREATIVITAS BERPIKIR SISWA DALAM MATEMATIKA (Studi Kasus di Kelas XI IPA SMAN 1 Dukupuntang Kecamatan Dukupuntang Kabupaten Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127350036_AGUS MACHRUS (58451002)__ok.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Agus Machrus. NIM 58451002. “PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR TERHADAP KREATIVITAS BERPIKIR SISWA DALAM MATEMATIKA (STUDI KASUS DI KELAS XI IPA SMAN 1 DUKUPUNTANG KAB. CIREBON)”. Skripsi. Cirebon: Fakultas Tarbiyah, Tadris Matematika, Institut Agama Islam Negeri, Agustus 2012. Kreativitas merupakan suatu hal yang jarang sekali diperhatikan dalam proses pembelajaran Matematika. Guru biasanya menempatkan logika sebagai titik incar pembicaraan dan menganggap kreativitas merupakan hal yang tidak penting dalam pembelajaran matematika. Berdasarkan informasi yang disampaikan oleh Ibu Juju “Seorang Guru bidang Matematika di SMAN 1 Dukupuntang”, Beliau menyatakan bahwa mayoritas siswa hanya mengerti pada tahap guru menerangkan materi dan contoh soal saja. Namun, ketika siswa dihadapkan dengan soal yang sedikit berbeda dengan contoh soal mereka pun agak kesulitan menjawabnya. Hal ini dikarenakan kemampuan daya kreativitas berpikir siswa dalam memanipulasi matematika masih sangat kurang, sehingga mereka tidak mampu mengembangkan kreativitas yang dimilikinya dalam menyelesaikan soal matematika secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, a) Seberapa besar kemampuan berpikir aljabar siswa dalam matematika. b) Seberapa tinggi kreativitas berpikir siswa dalam matematika. c) Apakah terdapat pengaruh kemampuan berpikir aljabar terhadap kreativitas berpikir siswa dalam matematika. Kemampuan berpikir aljabar merupakan salah satu fokus pembelajaran matematika yang dirasa tepat untuk menumbuhkembangkan kreativitas siswa dalam belajar matematika. Kreativitas berpikir berarti kemampuan yang mengarah pada penemuan ide-ide baru melalui pendekatan baru dan berpikir fleksibel dalam memecahkan masalah secara mudah dengan menekankan pada aspek kefasihan (fluency), fleksibilitas (flexibility), dan kebaruan (novelty). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, sedangkan metode penelitiannya menggunakan metode expostfacto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 1 Dukupuntang yang berjumlah 229 siswa, sedangkan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan mengambil satu kelas dari enam kelas yaitu kelas XI IPA 3 yang berjumlah 36 siswa. Variabel dalam penelitian ini adalah Kemampuan Berpikir Aljabar dan kreativitas berpikir siswa dalam matematika. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan tes uraian. Setelah data diperoleh, kemudian data dianalisis secara deskriptif dan dilakukan pengujian statistik berupa uji regresi. Hasil penelitian, setelah dilakukan pengolahan data berdasarkan bantuan program SPSS diperoleh hasil bahwa Kemampuan Berpikir Aljabar siswa menunjukkan kriteria sedang dengan rata-rata nilai tes 67.82 dan simpangan baku 13.12. Kreativitas berpikir matematika siswa memiliki rata-rata nilai tes sebesar 69.72 dan simpangan baku 11.08. Persamaan regresi yang dihasilkan yaitu Ŷ=35,401 + 0,493X dengan nilai koefisien determinasi dalam uji keberartian model sebesar 27,6%. Hal ini berarti bahwa setiap ada penambahan (peningkatan) kemampuan berpikir aljabar, maka akan mempengaruhi kreativitas berpikir siswa sebesar 0,493.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 17 Mar 2017 03:44
Last Modified: 06 Jun 2017 01:52
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/962

Actions (login required)

View Item View Item