UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SEGITIGA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MEDIA INTERAKTIF FLASH BAGI SISWA KELAS VII (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas VII C SMP Negeri 7 Cirebon Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon)

Lili Somantri, (2012) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SEGITIGA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MEDIA INTERAKTIF FLASH BAGI SISWA KELAS VII (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas VII C SMP Negeri 7 Cirebon Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127350037_LILI SOMANTRI_58451026__ok.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Lili Somantri, 2012. Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Segitiga Pada Mata Pelajaran Matematika Menggunakan Media Interaktif Flash Bagi Siswa Kelas VII. Hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di Kelas VII C SMP Negeri 7 Cirebon Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon. Proses belajar mengajar (PBM) seringkali dihadapkan pada materi ajar yang abstrak dan di luar pengalaman siswa sehari – hari sehingga materi menjadi sulit diajarkan oleh guru dan sulit dipahami siswa. Visualisasi adalah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengkonkritkan sesuatu yang abstrak. Gambar dua dimensi atau model tiga dimensi adalah visualisasi yang sering dilakukan dalam PBM. Pada era informatika, visualisasi berkembang dalam bentuk gambar bergerak (animasi) yang dapat ditambahkan suara (audio). Oleh karenannya dalam penelitian ini peneliti menggunakan media interaktif flash pada pembelajaran matematika pokok bahasan bangun datar segitiga. Tujuan dari penggunaan media interaktif flash dalam penelitian ini adalah agar siswa bisa lebih memahami materi ajar matematika secara konkrit. Menciptakan suasana pengajaran dan pembelajaran yang interaktif, lebih menggalakan komunikasi aktif antara berbagai hal. Dan tujuan utama penggunaan media interaktif flash dalam proses pengajaran dan pembelajaran adalah meningkatkan mutu pengajaran dan pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas VII C SMP Negeri 7 Kota Cirebon, Kota Cirebon yang berjumlah 40 orang siswa. Penelitian ini dilaksanakan terhitung sejak 16 April 2012 sampai dengan 16 Juni 2012. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemahaman konsep materi matematika siswa meningkat setelah dilakukan tindakan yang berupa penggunaan media interaktif flash secara periodik dari siklus I ke siklus II. Peningkatan tersebut meliputi peningkatan dalam hasil tes siswa, hasil angket dan hasil observasi. Berdasarkan hasil pembelajaran siklus I dan siklus II, hasil tes meningkat yakni siklus I sebesar 70,27 dengan prosentase ketuntasan kelas sebesar 62,5% sedangkan siklus II mencapai 81,44 serta prosentase ketuntasan kelas sebesar 78,94%. Hal ini diperkuat lagi dengan data hasil observasi yang menunjukan bahwa terdapat peningkatan keaktifan belajar siswa dari siklus I sebesar 82,22% menjadi 91,11% pada siklus II, ini menunjukan bahwa penggunaan media interaktif flash dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Flash, Media, Interaktif

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 17 Mar 2017 03:49
Last Modified: 06 Jun 2017 06:22
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/963

Actions (login required)

View Item View Item