PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR (SPPKB) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X MA ISLAMIC CENTER CIREBON

ZAENAL ARIFIN, (2012) PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR (SPPKB) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X MA ISLAMIC CENTER CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127350038_ZAENAL ARIFIN_58451153__ok.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ZAENAL ARIFIN. NIM 58451153. Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X MA Islamic Center Cirebon. Skripsi. Cirebon : Fakultas Tarbiyah, Tadris Matematika, Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati, Juni 2012. Setiap guru mempunyai cara tersendiri dalam melaksanakan tugasnya sebagai pengajar, pemilihan metode oleh guru dalam mengajar bukanlah hal yang mudah, karena di dalam kelas dipenuhi oleh kemampuan akademik siswa yang heterogen. Oleh karena itu guru dituntut untuk harus dapat menciptakan proses pembelajaran yang inovatif dan kreatif untuk menciptakan anak didik pintar dalam teori dan juga pintar dalam aplikasi, maka dalam penelitian ini peneliti menggunakan model pembelajaran SPPKB, dimana pada metode ini siswa dapat aktif dan bertanggung jawab serta siswa memiliki ketergantungan positif antara sesama siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran SPPKB terhadap hasil belajar matematika siswa. Selain itu, untuk mendapatkan gambaran atas respon siswa terhadap penggunaan SPPKB ini. SPPKB merupakan strategi pembelajaran yang menekankan kepada kemampuan berpikir siswa untuk mengembangkan gagasan/ide melalui kegiatan dialogis sehingga siswa mampu menyimpulkan materi/permasalahan. Hasil belajar adalah perkembangan mental yang lebih baik bila dibandingkan pada saat sebelum belajar. Penelitian ini mengambil populasi kelas X MA Islamic Center Cirebon tahun ajaran 2011/2012 dengan jumlah 102 siswa. Sementara sampel diperoleh dengan metode sampling cluster, dengan kelas yang digunakan adalah kelas X-2. Instrumen yang digunakan sebagai pengumpulan data adalah angket dan tes hasil belajar matematika. Respon siswa terhadap pembelajaran SPPKB ini dilihat dari rata-rata skor angket siswa yaitu sebesar 67,09. Sementara hasil belajar siswa yang diperoleh dari hasil postes yang disebarkan kepada siswa setelah dilakukan pembelajaran menggunakan SPPKB diperoleh nilai rata-rata sebesar 73,57. Persamaan regresinya adalah

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 17 Mar 2017 03:52
Last Modified: 07 Jun 2017 03:28
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/964

Actions (login required)

View Item View Item