PENGARUH PENGGUNAAN BUKU MATHEMATICAL DISCOVERY, EXPLORATION, AND PROBLEM SOLVING (MDEP) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Studi pada Siswa MTs Arifin Billah Karangsari Weru Cirebon)

OOM KOMARIAH, (2012) PENGARUH PENGGUNAAN BUKU MATHEMATICAL DISCOVERY, EXPLORATION, AND PROBLEM SOLVING (MDEP) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Studi pada Siswa MTs Arifin Billah Karangsari Weru Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127350039_OOM KOMARIAH__ok.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

OOM KOMARIAH: “Pengaruh Penggunaan Buku Mathematical Discovery, Exploration, and Problem Solving (MDEP) terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa MTs Arifin Billah Karangsari Cirebon” Pembelajaran matematika dirasakan sangat sulit oleh mayoritas siswa di sekolah. Hal tersebut dimungkinkan bahan ajar yang digunakan tidak mampu mengatasi kesulitan siswa dalam belajar. Imbasnya pada proses pembelajaran siswa tidak aktif dan prestasi belajar dibawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang ditentukan di sekolah. Upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan cara penggunaan bahan ajar buku Mathematical Discovery, Exploration, and Problem Solving (MDEP). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh positif penggunaan bahan ajar buku MDEP terhadap prestasi belajar matematika. Peneliti menggunakan bahan ajar buku Mastery Laerning sebagai bahan pembanding dalam penelitian. Buku MDEP merupakan suatu buku yang menerapkan pendekatan discovery, exploration, dan problem solving. Siswa secara aktif diajak untuk memahami dan menyelesaikan masalah dimulai dari dasar, kemudian penguasaan konsep, dilanjutkan oleh soal-soal problem solving dan berakhir pada soal-soal analisis. Buku MDEP diharapkan mampu mengatasi berbagai kesulitan siswa dalam memahami materi yang disampaikan guru sehingga siswa dapat meningkatkan prestasi belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan buku MDEP terhadap prestasi belajar dengan teknik pengumpulan data berupa tes. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIIA dan VIIB, masing-masing kelas berjumlah 35 siswa. Kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIB sebagai kelas kontrol. Pemilihan kelas ini didasarkan pada keseragaman nilai yang didapat siswa pada ulangan harian. Setelah data diperoleh kemudian data dinalisis dengan pendekatan kuantitatif. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan analisis data menggunakan uji Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 75,29 dengan kategori baik dan simpangan baku 9,389. Sedangkan untuk nilai kelompok kontrol diperoleh rata-rata 62,57 dengan kategori baik dan simpangan baku 15,018. Dari segi kategori kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sama-sama berkategori baik tetapi dari nilai berbeda, nilai eksperimen lebih besar daripada nilai kontrol. Uji hipotesis menggunakan uji Mann Whitney pada taraf signifikansi 0,05. Dari penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif penggunaan bahan ajar Mathematical Discovery, Exploration, and Problem Solving (MDEP) terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII MTs Arifin Billah Karangsari Weru Cirebon pada pokok bahasan segitiga.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 17 Mar 2017 03:57
Last Modified: 07 Jun 2017 01:32
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/965

Actions (login required)

View Item View Item