KORELASI ANTARA PENERAPAN METODE TRACHTENBERG DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN BILANGAN BULAT DALAM BIDANG STUDI MATEMATIKA

SYAEFUL MA’RIF, (2011) KORELASI ANTARA PENERAPAN METODE TRACHTENBERG DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN BILANGAN BULAT DALAM BIDANG STUDI MATEMATIKA. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127350040_SYAEFUL MA'ARIF_07450794__ok.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

SYAEFUL MA’RIF : “KORELASI ANTARA PENERAPAN METODE TRACHTENBERG DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN BILANGAN BULAT DALAM BIDANG STUDI MATEMATIKA” Belajar dalam prosesnya lebih ditekankan pada keaktifan siswa sedangkan guru hanya sebagai fasilitator. Pelajaran khususnya pelajaran matematika di sekolah masih dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit dan kurang disenangi oleh siswa. Diketahui pula bahwa kondisi pembelajaran matematika di sekolah saat ini sebagian besar masih bersifat konvensional yang masih belum berpusat pada siswa. Akibatnya siswa kurang terlatih dalam membangun atau menyelesaikan suatu permasalahan/persoalan yang disajikan dan menemukan suatu konsep dalam memecahkan penyelesaian matematika. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan Metode Trachtenberg dan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada pokok bahasan bilangan bulat perkalian. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar korelasi/hubungan pembelajaran dengan menggunakan Metode Trachtenberg terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada pokok bahasan bilangan bulat perkalian di MTs Nurul Huda Timbang Kabupaten Kuningan. Pembelajaran dengan menggunakan Metode Trachtenberg merupakan pembelajaran yang didasarkan cukup pada pemahaman penjumlahan dan pengurangan serta perkalian dasar, yakni tidak membutuhkan konsep-konsep yang terlalu banyak memakan waktu. Kemampuan siswa dalam menyelesaikan soalsoal sangat diperlukan dalam pembelajaran karena siswa didorong untuk mencari dan menemukan pengetahuan baru yang melibatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran dan guru sebagai fasilitator. Penelitian ini mengambil populasi kelas VII MTs Nurul Huda Timbang Kabupaten Kuningan tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 3 kelas. Sedangkan yang menjadi sampel adalah kelas VII A yang diambil secara cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket untuk mengetahui respon siswa dan tes untuk mengetahui hasil belajar siswa. Hasil penelitian dengan penggunaan SPSS Versi 15.00 didapat nilai uji hipotesis menunjukkan bahwa Signifikaasni nilai t hitung adalah 0,00.. Dapat simpulkan bahwa nilai signifikasni lebih kecil dari 0,05 yang berarti bahwa hipotesi Ho ditolak dan hipotesis Ha diterima, ini menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara pembelajaran dengan menggunakan Metode Trachtenberg terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 17 Mar 2017 04:01
Last Modified: 07 Jun 2017 04:14
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/966

Actions (login required)

View Item View Item