PENGARUH PENGUASAAN MATERI OPERASI ARITMATIKA TERHADAP PENGUASAAN MATERI OPERASI ALJABAR SISWA (Studi Kasus di Kelas VIII SMP Negeri 1 Suranenggala Kecamatan Suranenggala Kabupaten Cirebon)

Siti Sofiyah, (2012) PENGARUH PENGUASAAN MATERI OPERASI ARITMATIKA TERHADAP PENGUASAAN MATERI OPERASI ALJABAR SISWA (Studi Kasus di Kelas VIII SMP Negeri 1 Suranenggala Kecamatan Suranenggala Kabupaten Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127350041_SITI SOFIYAH_58451138__ok.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Siti Sofiyah (58451138): “PENGARUH PENGUASAAN MATERI OPERASI ARITMATIKA TERHADAP PENGUASAAN MATERI OPERASI ALJABAR SISWA (Studi Kasus di Kelas VIII SMP Negeri 1 Suranenggala kecamatan Suranenggala Kabupaten Cirebon) ”. Matematika merupakan suatu mata pelajaran yang dipelajari siswa dari SD hingga perguruan tinggi, bahkan semenjak di TK. Dalam mempelajari materi matematika itu ada prasyarat pemula yang harus dikuasai sebelum ia belajar topik (konsep) berikutnya. Hal ini searah dengan salah satu dalil Burner yakni: dalam matematika setiap konsep itu berkaitan dengan konsep lain. Begitu pula dengan lainnya misalnya antara dalil dan dalil, antara teori dan teori, antara topik dan topik, serta antara cabang matematika. Materi operasi hitung bilangan (aritmatika) diajarkan lebih awal dari operasi aljabar. Oleh karena itu, peneliti hendak meneliti apakah terdapat pengaruh antara penguasaan materi operasi aritmatika terhadap penguasaan materi operasi aljabar siswa di kelas VIII SMP Negeri 1 Suranenggala Kecamatan Suranenggala Kabupaten Cirebon. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar penguasaan materi operasi aritmatika, seberapa besar penguasaan materi operasi aljabar siswa, dan untuk mengetahui ada-tidaknya pengaruh penguasaan materi operasi aritmatika terhadap penguasaan materi aljabar siswa. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah terdapat pengaruh penguasaan materi operasi aritmatika terhadap penguasaan materi operasi aljabar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Suranenggala-Cirebon tahun pelajaran 2011/2012 sebanyak 333 siswa dan terbagi menjadi 8 kelas. Sedangkan pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan cluster random sampling yaitu teknik sampling yang dilakukan dengan cara mengundi sejumlah kelas yang ada diambil satu kelas sebagai objek penelitian, sehingga kelas VIII D dengan jumlah 36 siswa terpilih sebagai sampel. Variabel independen dalam penelitian ini yaitu penguasaan materi operasi aritmatika dan variabel dependen yaitu penguasaan materi operasi aljabar siswa. Untuk pengumpulan data kedua variabel menggunakan tes pilihan ganda. Kemudian dianalisis menggunakan analisis regresi. Berdasarkan hasil analisis regresi, didapat Pvalue untuk uji F adalah sebesar 0,207 dengan α sebesar 0,05, Pvalue > 0,05 dan untuk uji t Pvalue sebesar 0,207, Pvalue > 0,05, maka H0 diterima. Artinya penguasaan materi operasi aritmatika tidak berpengaruh terhadap penguasaan materi operasi aljabar siswa di kelas VIII SMP Negeri 1 Suranenggala Kabupaten Cirebon. Karena pengaruh penguasaan operasi aritmatika terhadap penguasaan materi operasi aljabar siswa sebesar 4,6% dan 95,4% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang belum dimasukan sebagai variabel penelitian dengan persamaan regresi Y

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 17 Mar 2017 04:08
Last Modified: 07 Jun 2017 02:49
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/967

Actions (login required)

View Item View Item