PENGARUH PENGUASAAN MATERI GEOMETRI TERHADAP KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL GEOMETRI ANALITIK (Studi Kasus Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika di IAIN Syekh Nurjati Cirebon)

IDA HAMIDAH, (2012) PENGARUH PENGUASAAN MATERI GEOMETRI TERHADAP KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL GEOMETRI ANALITIK (Studi Kasus Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika di IAIN Syekh Nurjati Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127350042_ IDA HAMIDAH_50540635__ok.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

IDA HAMIDAH “Pengaruh Penguasaan Materi Geometri Terhadap Kemampuan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal-soal Geometri Analitik” (Studi Kasus Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon). Matematika merupakan ilmu yang kompleks. Di dalamnya terdapat rumusrumus dan konsep–konsep. Setiap materi matematika masih saling berkaitan, baik dari materi matematika yang satu dengan materi matematika yang lainnya. Matematika di dalamnya memiliki pola keteraturan, yang mana sebelum menguasai suatu konsep sebelumnya tidak bisa mempelajari konsep selanjutnya. Sesuai deskripsi tersebut adakah pengaruh penguasaan materi Geometri terhadap kemampuan menyelesaikan soal-soal Geometri Analitik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguasaan materi Geometri, kemampuan menyelesaikan soal-soal Geometri Analitik, dan penguasaan materi Geometri terhadap kemampuan menyelesaikan soal-soal Geometri Analitik pada mahasiswa semester V Jurusan Pendidikan Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Pemikiran ini bertolak pada pemikiran bahwa belajar matematika akan lebih berhasil jika materi yang diajarkan diarahkan pada konsep-konsep dan strukturstuktur yang terdapat dalam pokok-pokok bahasan yang diajarkan, di samping hubungan yang saling terkait antara konsep dan struktur dalam pelajaran matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester V Jurusan Pendidikan Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon yang berjumlah 114 yang terdiri dari 4 kelas. Dan sampel yang diambil dalam penelitian ini bersifat simple random (acak) melalui pengundian tanpa pandang bulu dari 4 kelas terambil 1 kelas, yaitu kelas MTk-1 semester V Jurusan Pendidikan Matematika. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel X yaitu penguasaan materi Geometri dan variabel Y yaitu kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan soal-soal Geometri Analitik. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes, sedangkan analisis data dengan menggunakan uji korelasi product moment. Hasil deskripsi data menyatakan bahwa penguasaan materi Geometri termasuk ke dalam Nilai Mutu B dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 82,29 dan kemampuan dalam menyelesaikan soal-soal Geometri Analitik termasuk ke dalam Nilai Mutu C+ dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 71,71. Sedangkan analisis dan hasil penelitian dengan menggunakan uji korelasi dan uji hipotesis diperoleh koefisien korelasi  0,95 xy r termasuk dalam kategori harga koefisien korelasi tinggi. Sedangkan untuk uji hipotesis diperoleh hitung t = 18,54 dan tabel t = 1,67 pada taraf signifikan  0,05 sehingga hitung t > tabel t . Maka berdasarkan kriteria dapat disimpulkan 0 H ditolak dan 1 H diterima, artinya ada pengaruh penguasaan materi Geometri terhadap kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan soal-soal Geometri Analitik di semester V Jurusan Pendidikan Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Adapun pengaruhnya ditentukan oleh koefisien determinasi yaitu 0,90 2 r  atau 90 %, dan 10% dipengaruhi faktor lain.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 17 Mar 2017 04:11
Last Modified: 06 Jun 2017 04:42
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/968

Actions (login required)

View Item View Item