PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA GARIS DAN SUDUT PADA MATERI GARIS DAN SUDUT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MTs NURUL FALAH DURAJAYA KECAMATAN GREGED KABUPATEN CIREBON (Studi Eksperimen Terhadap Siswa Kelas VII MTs Nurul Falah Durajaya Kecamatan Greged Kabupaten Cirebon)

SOLIHIN, (2012) PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA GARIS DAN SUDUT PADA MATERI GARIS DAN SUDUT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MTs NURUL FALAH DURAJAYA KECAMATAN GREGED KABUPATEN CIREBON (Studi Eksperimen Terhadap Siswa Kelas VII MTs Nurul Falah Durajaya Kecamatan Greged Kabupaten Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127350044_Solihin__ok.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

SOLIHIN : “ Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Garis dan Sudut Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTs Nurul Falah Durajaya Kecamatan Greged Kabupaten Cirebon “ Dalam proses pembelajaran yang menjadi objek matematika adalah benda pikiran yang abstrak dan tidak dapat diamati dengan panca indra, oleh karena itu banyak siswa yang masih merasa kesulitan untuk memahami pelajaran matematika. Untuk mengatasi hal tersebut maka diperlukan adanya pengalaman yang bersifat konkrit dengan benda- benda nyata seperti alat peraga. Karena ketiadaan alat peraga pada pembelajaran matematika membuat guru hanya menerangkan materi secara monoton saja, sehingga memungkinkan siswa merasa bosan, kurang antusias dan kurang dapat memahami materi-materi yang disampaikan oleh guru. Hal ini juga bisa mempengaruhi proses hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil uraian tersebut, penulis tertarik untuk mengadakan penelitian untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan alat peraga garis dan sudut terhadap hasil belajar siswa. Selain itu untuk mengetahui bagaimana penggunaan alat peraga garis dan sudut dan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan terhadap hasil belajar siswa. Pembelajaran dengan menggunakan alat peraga garis dan sudut membuat siswa mampu mengekspresikan diri sehingga mampu memikirkan, menemukan dan menggabungkan konsep sehingga diperoleh adanya peningkatan terhadap hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Nurul Falah Durajaya Kabupaten Cirebon tahun pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 97 siswa. Satu kelas eksperimen yang diajar menggunakan alat peraga garis dan sudut. Kelas eksperimen berjumlah 33 siswa. Sebelum menganalisis data, dilakukan terlebih dahulu uji prasyarat analisis yaitu dengan menguji normalitas dan homogenitas dilanjutkan dengan uji independensi dan kelinearan regresi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan alat peraga garis dan sudut mendapat respon kategori tinggi (75,76 %) dari siswa. Dari hasil tes siswa diperoleh hasil skor rata-rata pada kelas eksperimen adalah 52,12. Berdasarkan hasil uji hipótesis yang dilakukan, maka Ha diterima artinya adanya pengaruh yang signifikan antara penggunaan alat peraga garis dan sudut terhadap hasil belajar siswa. Besar pengaruh ditunjukan dengan besar koefisien determinasi yaitu sebesar =94 %. Hal ini berarti 94 % hasil belajar siswa dipengaruhi oleh penggunaan alat peraga garis dan sudut sedangkan sisanya 6 % dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 17 Mar 2017 04:15
Last Modified: 07 Jun 2017 02:25
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/969

Actions (login required)

View Item View Item