PENGARUH PENDEKATAN SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL (SAVI) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SMPN 1 DEPOK KABUPATEN CIREBON

Nining Widaningsih, (2012) PENGARUH PENDEKATAN SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL (SAVI) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SMPN 1 DEPOK KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127350047_NINING WIDANINGSIH_07450648__ok.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Nining Widaningsih. 07450648. “Pengaruh Pendekatan Somatis, Auditori, Visual, Intelektual (SAVI) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII di SMPN 1 Depok Kabupaten Cirebon”. Cirebon: Fakultas Tarbiyah Jurusan Tadris Matematika. Institut Agama Islam Negeri, Juni 2012. Berdasarkan hasil studi awal penelitian di SMPN 1 Depok Kab. Cirebon, menunjukkan adanya ketidakseimbangan antara peran guru dan siswa. Hal ini terlihat dari kegiatan pembelajaran cenderung menekankan pada teacher centered, yaitu guru lebih banyak berceramah dalam menyampaikan bahan pelajaran. Kondisi seperti ini siswa cenderung pasif, siswa kurang diberikan kesempatan untuk aktif secara fisik dalam melakukan aktivitas belajar. Oleh karena itu, salah satu upaya yang perlu dilakukan, dengan memilih pendekatan belajar yang lebih banyak memberikan kesempatan kepada siswa untuk berperan aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar respon siswa terhadap penerapan pendekatan Somatis, Auditori, Visual, Intelektual (SAVI) pada pembelajaran matematika, untuk mengetahui seberapa tinggi hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan fungsi, dan untuk mengetahui seberapa besar penggaruh penerapan pendekatan SAVI terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Depok Kabupaten Cirebon pada pokok bahasan fungsi. Gaya belajar siswa seperti menulis, mengamati, mendengarkan, dan bergerak secara fisik saat belajar merupakan salah satu faktor penting yang harus diperhatikan guru. Belajar bukan hanya merupakan aktivitas berpikir, tetapi menggabungkan aktivitas fisik dan kemampuan berpikir dengan menggunakan indera pada saat belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Depok Kabupaten Cirebon tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 332 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, sampel yang diambil adalah siswa kelas VIII C yang jumlahnya adalah 42 siswa. Variabel dalam penelitian ini adalah pendekatan SAVI dan hasil belajar matematika siswa. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Setelah dilakukan penelitian dan pengolahan data berdasarkan SPSS 15 for windows, maka hasil analisis yang diperoleh dari respon siswa terhadap penerapan pendekatan SAVI secara keseluruhan data dikategorikan baik, dengan persentase sebesar 78,6% dari skor ideal, dengan skor rata-rata angket sebesar 78,60 dan simpangan baku sebesar 7,388. Hasil belajar matematika siswa secara keseluruhan menujukkan pada kategori sangat baik. Hal ini terlihat dari perolehan persentase sebesar 80,12% dari skor ideal, dengan nilai rata-rata tes sebesar 80,12 dan simpangan baku sebesar 7,69. Persamaan regresi yang dihasilkan yaitu Ŷ � 12,273 � 0,863 �.. Sedangkan koefisien determinasi sebesar 69%, dapat diartikan sebagai besarnya pengaruh pendekatan SAVI terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Depok Kab. Cirebon, sedangkan 31% lainnya dipengaruhi oleh faktor lainnya selain pendekatan SAVI.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 17 Mar 2017 04:30
Last Modified: 07 Jun 2017 01:20
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/972

Actions (login required)

View Item View Item