PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA YANG MENGGUNAKAN ALAT PERAGA BLOK PECAHAN DENGAN YANG MENGGUNAKAN ALAT PERAGA KARTU DOMINO PADA POKOK BAHASAN BILANGAN PECAHAN (Studi Eksperimen di Kelas VII SMP Negeri 8 Kota Cirebon)

Fitri Handayani, (2012) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA YANG MENGGUNAKAN ALAT PERAGA BLOK PECAHAN DENGAN YANG MENGGUNAKAN ALAT PERAGA KARTU DOMINO PADA POKOK BAHASAN BILANGAN PECAHAN (Studi Eksperimen di Kelas VII SMP Negeri 8 Kota Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127350048_FITRI HANDAYANI_58451065__ok.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Fitri Handayani, NIM 58451065. ”PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA YANG MENGGUNAKAN ALAT PERAGA BLOK PECAHAN DENGAN YANG MENGGUNAKAN ALAT PERAGA KARTU DOMINO PADA POKOK BAHASAN BILANGAN PECAHAN(Studi Eksperimen Di Kelas VII SMP Negeri 8 Kota Cirebon)”. Skripsi. Cirebon: Fakultas Tarbiyah, Tadris Matematika, Insitut Agama Islam Negeri, Juni 2012 Bilangan pecahan merupakan pokok bahasan matematika yang harus dipelajari selain bilangan bulat. Hal ini dikarenakan tidak semua permasalahn dalam kehidupan ini dapat diselesaikan dengan konsep bilangan bulat. Namun dalam menyamapaikan materi bilangan pecahan ini tidak semudah ketika menyampaikan bilangan bulat dikarenakan selain materinya lebih sukar juga konsep-konsepnya bersifat abstrak yang sulit difahami oleh siswa kelas VII SMP. Oleh karena itu diperlukan alat peraga yang dapat membantu siswa dalam memahami konsep bilangan pecahan dan menarik siswa untuk termotivasi mempelajari konsep bilangan pecahan. Alat peraga yang dapat mengatasi masalah tersebut adalah alat peraga blok pecahan dan alat peraga kartu domino. Alat peraga blok pecahan merupakan alar peraga berbentuk lingkaran atau persegi tak utuh yang dapat dibongkar pasang. Fungsi alat peraga ini untuk mempermudah siswa dalam menentukan nilai bilangan-bilangan pecahan. Digunakan ketika penyampaian materi bilangan pecahan berlangsung. Adapun untuk alat peraga kartu domino, merupakan kartu permainan bilangan pecahan. Bentuknya berupa kartu domino yang mencantukan bilangan pecahan, bilangan decimal, persen, dan permil. Digunakan disela-sela pelajaran sebagai games yang membantu siswa memahami bilangan pecahan, melatih kreatifitas, kerjasama, kompetisi dan dan memotivasi siswa untuk dapat memahami bilangan pecahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui alat peraga yang cocok digunakan untuk menyampaikan materi bilangan pecahan terkait permasalahan diatas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan pendekatan studi perbandingan melalui perhitungan secara kuantitatif. Dalam penelitian ini dibentuk dua kelompok eksperimen yaitu kelompok 1 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan alat peraga blok pecahan dan kelompok 2 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan alat peraga kartu domino. Berdasarkan pengujian hipotesis dengan uji t pada taraf signifikansi 5 % untuk uji satu pihak, diperoleh t hitung = 12.687 dengan signifikansi 0.000. Karena signifikansi < 0.05, maka H0 diterima, yang artinya tidak terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara yang menggunakan alat peraga blok pecahan dengan alat peraga kartu domino. Kata Kunci: alat Peraga, blok pecahan, kartu domino, hasil belajar

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 17 Mar 2017 04:34
Last Modified: 06 Jun 2017 04:23
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/973

Actions (login required)

View Item View Item