PENGARUH PENERAPAN METODE RECIPROCAL TEACHING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA (Studi Eksperimen di Kelas VIII SMPN 10 Cirebon)

Diah Santi Gita Puspa, (2012) PENGARUH PENERAPAN METODE RECIPROCAL TEACHING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA (Studi Eksperimen di Kelas VIII SMPN 10 Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127350050_diah santi g.p__ok.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Diah Santi Gita Puspa. NIM 58450981. PENGARUH PENERAPAN METODE RECIPROCAL TEACHING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA (Studi eksperimen di kelas VIII SMPN 10 CIREBON). Skripsi. Cirebon: Fakultas Tarbiyah, Tadris Matematika, Institut Agama Islam Negeri, Juni 2012. Metode pembelajaran yang masih menggunakan metode konvensional yakni pembelajaran berpusat kepada guru, mejadikan siswa sangat tergantung kepada penjelasan seorang guru. Hal tersebut membuat siswa kesulitan untuk bisa belajar mandiri dan berperan aktif dalam pembelajaran matematika, dan akan berdampak pada prestasi belajar matematika siswa yang tidak maksimal. Untuk dapat memaksimalkan prestasi belajar dipandang perlu adanya suatu metode pembelajaran khusus untuk membantu siswa sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar matematika. Metode pembelajaran yang akan di gunakan adalah metode pembelajaran reciprocal teaching. Dengan menerapkan reciprocal teaching diharapakan dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa. Reciprocal Teaching adalah suatu pendekatan pembelajaran yang menerapkan empat strategi pemahaman mandiri, yaitu menyimpulkan bahan ajar, menyusun pertanyaan dan menyelesaikannya, menjelaskan kembali pengetahuan yang telah diperolehnya, kemudian memprediksikan pertanyaan selanjutnya dari persoalan yang disodorkan kepada siswa Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode reciprocal teaching terhadap prestasi belajar matematika siswa. Dalam penelitian kali ini pokok bahasan yang akan diteliti adalah pokok bahasan bangun ruang khususnya bangun ruang kubus dan balok. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 10 kota Cirebon dan yang menjadi sampel dalam penelitian kali ini adalah kelas VIII E yang terdiri dari 35 siswa. Instrumen yang digunakan berupa instrumen tes dan instrumen angket. Respon siswa terhadap metode pembelajaran reciprocal teaching pada mata pelajaran matematika menunjukan respon yang positif. Dari data yang diperoleh, didapatkan 51,36 % siswa merespon positif terhadap penerapan metode reciprocal teaching. Prestasi belajar matematika siswa pada pokok bahasan bangun ruang (kubus dan balok) menunjukan hasil belajar yang cukup baik, hal ini dpat dilihat dari 61,23 % siswa yang menjawab benar. Berdasarkan hasil analisis dan pengolahan data, diperoleh bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, yaitu terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan metode reciprocal teaching terhadap prestasi belajar matematika siswa, dengan besar pengaruh 80,64 %, dan sisanya 19,36 % ditentukan oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 17 Mar 2017 04:43
Last Modified: 06 Jun 2017 03:14
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/975

Actions (login required)

View Item View Item