PENGARUH RESPON SISWA ATAS PENGGUNAAN ALAT PERAGA PAPAN GEOMETRI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIFNYA PADA POKOK BAHASAN GEOMETRI BIDANG DATAR DI KELAS VII MTs AN-NUR KOTA CIREBON

Mustaqim, (2012) PENGARUH RESPON SISWA ATAS PENGGUNAAN ALAT PERAGA PAPAN GEOMETRI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIFNYA PADA POKOK BAHASAN GEOMETRI BIDANG DATAR DI KELAS VII MTs AN-NUR KOTA CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127350053_MUSTAQIM (MTK58451084)__ok.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Mustaqim. NIM 58451084. MEDIA PEMBELAJARAN NON KOMPUTER “PENGARUH RESPON SISWA ATAS PENGGUNAAN ALAT PERAGA PAPAN GEOMETRI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIFNYA PADA POKOK BAHASAN GEOMETRI BIDANG DATAR DI KELAS VII MTS AN-NUR KOTA CIREBON”. Skripsi. Cirebon: Fakultas Tarbiyah, Tadris Matematika, Institut Agama Islam Negeri, Juni 2012. Setelah pembelajaran matematika kebanyakan siswa lupa dengan materi yang sudah dipelajari terutama dalam mengingat rumus karena siswa terbiasa dengan menghafal rumus bukan memahami konsep perhitungannya atau mencoba mengembangkan marteri melalui bantuan alat peraga sehingga dalam menyelasaikan soal siswa cenderung menggunakan cara yang sama atau tidak bervariasi. Tujuan dari penelitian ini yaitu ingin mengetahui respon siswa atas penggunaan alat peraga papan geometri dalam pembelajaran matematika, kemampuan berpikir kreatif siswa belajar dengan menggunakan alat peraga papan geometri dan mengetahui pengaruh respon siswa atas pengunaan alat peraga papan geometri dalam pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatifnya. Alat peraga papan geometri adalah peraga yang digunakan untuk memvisualisasikan geometri bidang datar agar mempermudah siswa dalam menguasai konsep perhitungannya sehingga siswa akan lebih kreatif dalam menyelesaikan soal-soal. Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu variabel bebas (X), respon siswa atas penggunaan alat peraga papan geometri dalam pembelajaran matematika dan variabel terikat (Y) kemampuan berpikir kreatif siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan teknik pengumpulan data melalui pemberian angket dan soal tes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs An-Nur Kota Cirebon. Teknik penentuan pengambilan jumlah sampel adalah dengan menggunakan aturan Slovin didapat 73 siswa. Analisis data dihasilkan kesimpulan sebagai berikut: kemampuan berpikir kreatif siswa belajar dengan menggunakan alat peraga papan geometri dapat dilihat dari uji regresi yang diperoleh persamaan Yˆ = -23,505 + 0,291 X. Persamaan tersebut mengandung arti bahwa semakin besar respon siswa atas penggunaan alat peraga papan geometri dalam pembelajaran matematika maka kemampuan berpikir kreatifnya akan semakin besar dan sebaliknya. Korelasi respon siswa atas penggunaan alat peraga papan geometri dalam pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa MTs An-Nur Kota Cirebon menunjukkan korelasi yang sangat kuat dengan nilai koefisien korelasi rxy=0,898. Koefisien determinasi sebesar 80,7% artinya respon siswa atas 4 penggunaan alat peraga papa geometri dalam pembelajaran matematika berkontribusi terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa sebesar 80,7%. Sementara dari hasil perhitungan uji t didapat t hitung sebesar 17,353 dan t tabel dengan taraf kepercayaan 95% dan derajat kebebasan 72 sebesar 1,96. Karena t hitung > t tabel, maka Ha diterima sehingga terdapat pengaruh antara respon siswa atas penggunaan alat peraga papan geometri dalam pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatifnya di kelas VII MTs An-Nur Kota Cirebon. Kata kunci: Alat Peraga Papan Geometri, Berpikir Kreatif

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 17 Mar 2017 04:52
Last Modified: 06 Jun 2017 07:03
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/977

Actions (login required)

View Item View Item