UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PORTOFOLIO

Lulu Yulinda Maknun, (2012) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PORTOFOLIO. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127350054_lulu yulinda maknun__ok.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Lulu Yulinda Maknun. NIM 58450983. UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PORTOFOLIO. Skripsi. Cirebon: Fakultas Tarbiyah, Tadris Matematika, Institut Agama Islam Negeri, Juli 2012 Pembelajaran dengan pendekatan konvensional tidak membuat siswa termotivasi untuk meningkatkan hasil belajar mereka. Melihat kelemahan metode konvensional diperlukan perubahan model pembelajaran. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk menerapkan model pembelajaran berbasis portofolio di Mts Negeri Cisaat Sumber. Melalui penerapan model pembelajaran berbasis portofolio, diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar matematika. Metode ini menekankan peningkatan unjuk kerja peserta didik. Penilaiannya pun diarahkan pada proses belajar siswa, bukan sekedar hasil belajar mereka. Tujuan dalam penelitian ini ialah untuk mengetahui apakah model pembelajaran berbasis portofolio telah diterapkan di MTs Negeri Cisaat Sumber dan apakah hasil belajar matematika dapat ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran berbasis portofolio. Penelitian ini berasumsikan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis portofolio berperan penting dalam mencapai tujuan pendidikan Model pembelajaran berbasis portofolio merupakan model pembelajaran inovatif dimana siswa dituntut untuk lebih aktif dan kreatif dalam proses pembelajaran. Dengan adanya penugasan portofolio, siswa termotivasi untuk mampu menyelesaikan tugas yang diberikan sebaik mungkin. Untuk proses penilaian tidak hanya dijaring menggunakan tes saja, tetapi setiap siswa diwajibkan untuk menampilkan hasil pekerjaan terbaik mereka sebagai bahan penilaian oleh guru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan mengambil sampel kelas VIIIA MTs Negeri Cisaat Sumber tahun ajaran 2011/2012 dengan jumlah 36 siswa. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes di setiap siklus untuk melihat peningkatan hasil belajar matematika dan observasi untuk mengamati peningkatan aktifitas siswa di tiap siklusnya. Hasil tes akhir rata-rata hasil belajar siswa setelah menggunakan penerapan model pembelajaran berbasis portofolio mengalami peningkatan di setiap siklusnya. Pada siklus I siswa yang telah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 58.3%. Pada siklus II sebesar 69.4%. Peningkatan yang paling signifikan yaitu pada siklus III, 86.1% siswa mampu mencapai KKM. Dari hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran berbasis portofolio dapat meningkatkan hasil belajar matematika kelas VIII MTs Negeri Cisaat Sumber.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 17 Mar 2017 05:04
Last Modified: 06 Jun 2017 06:26
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/978

Actions (login required)

View Item View Item