PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PROBLEM OPEN ENDED TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH ( Studi Kasus di Kelas VII MTs Sunan Kalijaga Siwuluh Kabupaten Brebes)

ANISATUL FITRI, (2012) PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PROBLEM OPEN ENDED TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH ( Studi Kasus di Kelas VII MTs Sunan Kalijaga Siwuluh Kabupaten Brebes). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127350056_ANISATUL FITRI__ok.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ANISATUL FITRI :“ Penerapan Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Open Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. (Studi Kasus di Kelas VII MTs Sunan Kalijaga Siwuluh Kabupaten Brebes)”. Pembelajaran matematika tidak hanya memberi tekanan pada keterampilan menghitung dan menyelesaikan soal, sikap, kemampuan menerapkan matematika merupakan penopang penting untuk membentuk kemampuan siswa dalam memecahkan masalah sehari-hari. Selama ini siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Hal tersebut menyebabkan pemecahan masalah siswa masih rendah. Oleh karena itu penerapan pembelajaran matematika berbasis problem open ended dapat dijadikan salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana respon peserta didik terhadap penerapan pembelajaran matematika berbasis problem open ended. (2) Seberapa besar kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika berbasis problem open ended. (3) Apakah ada pengaruh penerapan pembelajaran matematika berbasis problem open ended terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa penerapan pembelajaran matematika berbasis problem ended sangat berperan dalam pencapaian tujuan pembelajaran. Pembelajaran berbasis problem open ended tujuannya adalah untuk membantu mengembangkan kegiatan berpikir kretif dan pola pikir matematis siswa melalui problem solving secara simultan sehingga dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis eksperimen dengan populasi adalah seluruh siswa kelas VII MTs Sunan Kalijaga Siwuluh tahun pelajaran 2010/2011 sebanyak 332 siswa yang terbagi menjadi 7 kelas. Sedangkan pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Cluster Random Sampling yaitu peneliti mengambil secara acak satu kelas dari tujuh kelas yang ada. Peneliti mngambil kelas VII A sebagai kelas eksperimen yang menggunakan pembelajaran matematika berbasis problem open ended . Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan data hasil angket dan data hasil tes dari kelas eksperimen. Adapun untuk analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji independent dan kelinieran regresi, uji korelasi, uji hipotesis, dan uji koefisien determinasi. Pengaruh respon siswa mengenai penerapan pembelajaran berbasis problem open ended untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada sub pokok bahasan bangun datar segiempat menunjukkan korelasi tinggi dan linear dengan persamaan Ý= 31,744+ 0,601 x. Hal ini berdasarkan uji hipotesis yang telah dilakukan dengan thitung = 3,055 dan ttabel =1,68 sehingga thitung > ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara repon siswa mengenai penerapan pembelajaran berbasis problem open ended untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Besarnya pengaruh adalah 20 % sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 17 Mar 2017 05:14
Last Modified: 06 Jun 2017 01:25
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/980

Actions (login required)

View Item View Item