ANALISIS KEMAMPUAN ARITMATIKA DI KELAS VII SMP NEGERI 7 KOTA CIREBON (Studi survey pada Siswa kelas VII Tahun Akademik 2011/2012)

Lina Lusiawati, (2012) ANALISIS KEMAMPUAN ARITMATIKA DI KELAS VII SMP NEGERI 7 KOTA CIREBON (Studi survey pada Siswa kelas VII Tahun Akademik 2011/2012). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127350057_LINA LUSIAWATI (58451027)__ok.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Lina Lusiawati, 2012. Analisis Kemampuan Aritmatika di Kelas VII (Penelitian Survei di Kelas VII SMP Negeri 7 Cirebon Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon) Kata Kunci : Analisis Kemampuan Aritmatika, Analisis Faktor, PCA (Principle Component Analysis) Untuk mengukur kemampuan aritmatika seorang siswa diperlukan beberapa indikator. Terdapat beberapa indikator untuk memahami aritmatika diantaranya kemampuan menghitung dalam operasi aritmatika secara mekanisme, kemampuan menghitung dalam operasi aritmatika pada soal cerita, kemampuan dalam menentukan faktor dan faktorisasi prima pada bilangan, kemampuan dalam menghitung aritmatika sosial sederhana, kemampuan menghitung aritmatika yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dan memahami konsep aritmatika dlam pemecahan masalah koperasi dan perbankan. Tujuan dalam penelitian ini untuk mereduksi indikator dalam kemampuan aritmatika dan mencari komponen utama yang mewakili keenam indikator tersebut. Analisis faktor merupakan cara untuk menentukan komponen utama dalam kemampuan aritmatika. Dengan banyaknya indikator yang menjadi indikator kemampuan aritmatika, maka akan ada beberapa indikator yang akan menjadi komponen utama dalam kemampuan aritmatika. Untuk mengetahui kemampuan siswa dalam aritmatika, tidak perlu semua indikator kita uji dalam tes kemampuan aritmatika. Mengetahui sangat pentingnya komponen utama dalam materi aritmatika untuk mengukur kemampuan aritmatika seorang siswa maka peneliti mencoba menganalisis kemampuan aritmatika siswa kelas VII di SMPN 7 Kota Cirebon. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 7 Kota Cirebon. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Dari 27 kelas yang ada, diperoleh kelas VII sebagai sampel penelitian. Kelas VII A, VII C, VIID, VII E, VII F, VII G, VII H dan VII I (318 siswa) sebagai sampel penelitian dan kelas VII B (40 siswa) sebagai kelas untuk uji coba instrumen. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa komponen utama dalam indikator kemampuan aritmatika berdasarkan hasil tes kemampuan aritmatika siswa kelas VII SMP Negeri 7 Kota Cirebon, yaitu: indikator kemampuan operasi aritmatika secara mekanisme dan indikator kemampuan operasi aritmatika pada soal cerita dengan hasil 17.6% atau 56 siswa mempunyai kemampuan aritmatika sangat tinggi, 55.4% atau 176 siswa mempunyai kemampuan aritmatika tinggi dan 27% atau 86 siswa mempunyai kemampuan aritmatika sedang.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 17 Mar 2017 05:18
Last Modified: 06 Jun 2017 06:24
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/981

Actions (login required)

View Item View Item