PENGARUH PENGGUNAAN PROGRAM WinGeom TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN BANGUN DATAR DI KELAS VII SMP NEGERI 4 KOTA CIREBON

SITI RUMSARI, (2012) PENGARUH PENGGUNAAN PROGRAM WinGeom TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN BANGUN DATAR DI KELAS VII SMP NEGERI 4 KOTA CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127350059_Siti Rumsari__ok.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

SITI RUMSARI : Pengaruh Penggunaan Program Wingeom Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Datar Di Kelas VII SMP Negeri 4 Kota Cirebon Berdasarkan pengalaman selama PPL II di SMPN 4 Kota Cirebon, diperoleh gambaran bahwa secara umum metode pembelajaran yang digunakan guru matematika masih menggunakan metode ceramah dan belum memanfaatkan media secara intensif terutama media berbasis komputer. Siswa siswi merasa jenuh dan bosan dengan proses yang monoton, hanya terbatas pada metode ceramah dengan melihat guru menerangkan didepan kelas. Kejenuhan yang terjadi secara terus menerus mengakibatkan semangat siswa menurun dan hasil belajarpun tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Salah satu media pembelajaran yang berbasis komputer adalah Program WinGeom. Program WinGeom merupakan aplikasi komputer yang dirancang untuk mendukung pembelajaran geometri, baik geometri bangun datar maupun bangun ruang. Penggunaan Program WinGeom pada pokok bahasan bangun datar diharapkan mampu meningkatkan pemahaman dan pengalaman belajar siswa lebih baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan program WinGeom dan mengetahui hasil belajar matematika siswa. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji seberapa besar pengaruh penggunaan program WinGeom terhadap hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan bangun datar di kelas VII SMP Negeri 4 Kota Cirebon. Kerangka pemikiran yang mendasari penelitian ini adalah pandangan penulis bahwa hasil belajar siswa selain dipengaruhi oleh faktor internal juga sangat dipengaruhi oleh faktor eksternal, salah satunya penggunaan media pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran mampu meningkatkan kadar keterlibatan siswa dalam belajar sehingga pengalaman dan kualitas belajar pun akan lebih baik. Angket, tes dan observasi merupakan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini. Populasi penelitian ini sebanyak 9 kelas dan sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas, satu kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas lagi sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan uji linier sederhana, uji t dan uji korelasi. Dari hasil analis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan program WinGeom terhadap hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan bangun datar di kelas VII SMP Negeri 4 Kota Cirebon. Hal ini terlihat dari nilai thitung = 5,988 dan ttabel = 2,014 . Dengan demikian terbukti bahwa thitung > ttabel , artinya tolak H0. Hasil uji regresi di dapat persamaan . Besarnya kontribusi atau pengaruh penggunaan program WinGeom terhadap hasil belajar matematika siswa adalah 44,3% .

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 17 Mar 2017 05:27
Last Modified: 07 Jun 2017 02:19
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/983

Actions (login required)

View Item View Item