KOMPARASI PRESTASI BELAJAR SISWA ANTARA PENERAPAN CLASSROOM BASED ASSESSMENT DENGAN RECITATION DAN PAPER AND PENCIL PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA Di MTs Negeri Ketanggungan Kabupaten Brebes

Suroyya Jamil, (2012) KOMPARASI PRESTASI BELAJAR SISWA ANTARA PENERAPAN CLASSROOM BASED ASSESSMENT DENGAN RECITATION DAN PAPER AND PENCIL PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA Di MTs Negeri Ketanggungan Kabupaten Brebes. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127350060_SUROYYA JAMIL (58451097)__ok.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Suroyya Jamil, NIM 58451097. “KOMPARASI PRESTASI BELAJAR SISWA ANTARA PENERAPAN CLASSROOM BASED ASSESSMENT DENGAN RECITATION DAN PAPER AND PENCIL PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI MTs NEGERI KETANGGUNGAN KABUPATEN BREBES”. Skripsi. Cirebon: Fakultas Tarbiyah, Pendidikan Matematika, Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati , Juli 2012. Pada kurikulum KTSP saat sekarang penilaian dikenal dengan nama penilaian berbasis kelas (PBK) atau classroom based assessment. PBK adalah penilaian yang dilakukan oleh guru untuk memperoleh informasi /data tentang prestasi belajar siswa serta mengukur kemampuan siswa yang dapat dilakukan kapanpun sebagai penilaian authentic. Salah satu metode yang diterapkan dalam melibatkan siswa secara aktif, adalah menggunakan beberapa penerapan classroom based assessment seperti recitation (pemberian tugas) dan paper and pencil (tes tertulis). Kedua penilaian ini dianggap hampir sama dilihat dari subjektif kemampuan siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa secara individu/subjektif pelajaran matematika. Penelitian ini bertolak dari studi kasus yang digunakan guru matematika disekolah ini tentang PBK yang digunakan untuk mengetahui prestasi belajar siswa selama pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil prestasi belajar siswa pada penggunaan penerapan classroom based assessment berupa recitation dan paper and pencil dan perbedaan/ perbandingan prestasi belajar kedua PBK tersebut. Lokasi Penelitian ini di MTs Negeri Ketanggungan Brebes, dengan populasi penelitian kelas VII dan sample penelitian yaitu kelas VII-D sebagai kelas eksperimen I dengan recitation dan kelas VII-B sebagai kelas eksperimen II dengan paper and pencil. Metode penelitian dengan metode kuantitatif komparasional yang membandingkan dua eksperimen untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar pada kedua penerapan PBK. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan tes. Analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas dengan pengujian hipotesis menggunakan uji independent sample T-test. Hasil dari analisis data, dapat di deskripsikan bahwa prestasi belajar dengan penerapan PBK berupa paper and pencil lebih baik dibandingkan dengan recitation dilihat dari nilai mean. Mean paper and pencil sebesar 67,5385 dan recitation sebesar 60,359. Hasil perhitungan Uji t dengan signifikansi α=5% derajat kebebasan (df) N1+N2-2 atau 78-2=76 maka t table sebesar 1,992 dengan t hitung pada Uji t sebesar -2,313, jadi t hitung ≤ t table ( -2,313 ≤ 1,992) maka Ho ditolak yang artinya terdapat perbedaan prestasi belajar siswa antara penerapan classroom based assessment dengan recitation dan paper and pencil. Kata Kunci: classroom based assessment (penilaian berbasis kelas), prestasi belajar, recitation (pemberian tugas), paper and pencil (tes tertulis).

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 17 Mar 2017 05:30
Last Modified: 07 Jun 2017 02:54
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/984

Actions (login required)

View Item View Item