PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA ANTARA YANG MENGGUNAKAN TEKNIK JIGSAW DAN TEKNIK INVESTIGASI KELOMPOK ( Studi Eksperimen di SMP Negeri 8 Kota Cirebon )

Titi Atiyah, (2012) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA ANTARA YANG MENGGUNAKAN TEKNIK JIGSAW DAN TEKNIK INVESTIGASI KELOMPOK ( Studi Eksperimen di SMP Negeri 8 Kota Cirebon ). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127350061_TITI ATIYAH_58451045__ok.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Titi Atiyah, NIM 5841045. PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA ANTARA YANG MENGGUNAKAN TEKNIK JIGSAW DAN TEKNIK INVESTIGASI KELOMPOK (Studi Eksperimen Di SMP Negeri 8 Kota Cirebon) Kemampuan anak memahami matematika dipengaruhi bukan hanya oleh kemampuan guru terhadap materi matematika, tetapi juga kemampuan guru dalam mengelola kelas, sehingga pada saat pembelajaran di kelas guru mengemas materi matematika disesuaikan dengan kebutuhan siswa Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis perbedaan hasil belajar matematika antara yang pembelajarannya menggunakan teknik jigsaw dan yang menggunakan teknik investigasi keolmpok. Pokok bahasan yag dibahas dalam penelitian ini adalah segi empat. Pembelajaran kooperatif merupakan salah satu strategi pembelajaran aktif yang berpusat pada siswa. Banyak teknik yang digunakan dalam pembelajaran kooperatif diantaranya adalah teknik jigsaw dan teknik investigasi kelompok. Teknik jigsaw merupakan teknik yang membentuk siswa dalam kelompok inti dan kelompok ahli. Sedangkan teknik investigasi kelompok membentuk siswa dalam kelompok penyelidik. Dari kedua teknik tersebut guru dapat memilih teknik mengajar yang sesuai dengan materi pengajaran yang diajarkan, sehingga dapat dicapai hasil belajar yang baik. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 8 Kota Cirebon. Dengan menggunakan cluster random smpling, sampel yang diambil adalah kelas VII SMP Negeri 8 Kota Cirebon, dari 7 kelas terpilih kelas VII B dan VII D sebagai kelas ekspermen yang akan dibandingkan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan empirik, dengan metode eksperimen. Teknik pengumpulan datanya adalah tes dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan analisis uji normalitas, homogenitas, uji kesamaan dua rata-rata dan uji t untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh hasil kelompok ekperimen pertama yaitu kelas VII B nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 6,37, hal ini menunjukan adanya peningkatan prestasi belajar siswa dari nili rata-rata tes awal yaitu 6,04 dan nilai rata-rata terakhir sebesar 12,3. sebesar sedangkan hasil kelompok eksperimen kedua yaitu kelas VII D nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 4,51 hal ini menunjukan adanya peningkatan prestasi belajar siswa dari nilai rata-rata tes awal yaitu 7,85 dan nilai rata-rata terakhir sebesar 12,32. Kemudian hasil analisis data yang telah dilakukan dengan uji t dengan taraf signifikansi 1 % dan db = 70, diperoleh thitung sebesar 1,686 sedangkan ttabel sebesar 2,35 dengan demikian thitung < ttabel. Maka nilai thitung terletak pada daerah penerimaan hipotesis (Ho) sebagai akibat (Ha) ditolak., artinya tidak ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan teknik jigsaw dan teknik investigasi kelompok.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 17 Mar 2017 05:34
Last Modified: 07 Jun 2017 03:02
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/985

Actions (login required)

View Item View Item