ANALISIS KRITIS PEMIKIRAN IBNU KHALDUN TENTANG PENDIDIKAN ISLAM

Femi Dian Pitasari, (2022) ANALISIS KRITIS PEMIKIRAN IBNU KHALDUN TENTANG PENDIDIKAN ISLAM. Bachelor thesis, S2 PAI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (877kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (668kB) | Preview
[img]
Preview
Text
dapus.pdf

Download (723kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh Realitas yang terjadi, banyak pandangan dikotomis yang tumbuh subur serta membawa pengaruh terhadap pola fikir dan cara individu bertingkah laku. Pandangan seperti ini menyakini bahwa adanya batas pemisah antara ilmu agama dan ilmu umum padahal ajaran Islam mempunyai ajaran integralistik sehingga urusan akhirat dan dunia tidak bisa terlepas artinya saling berkaitan satu sama lain. Dengan kondisi demikian banyak masyarakat yang mengalami kekhawatiran terhadap pendidikan berbasis agama. Mereka beranggapn bahwa pendidikan agama terbelakang dan tidak maju terkesan kolot dan tak mengikuti trend jaman. Imbas dari pandangan demikian banyak diantara masyarakat sekeliling kita yang pesimis terhadap pendidikan Islam sehingga mereka cenderung optimis terhadap pendidikan yang sekuler. Adapun pertanyaan dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemikiran Ibnu Khaldun tentang Pendidikan Islam serta relevansi pemikiran Pendidikan Islam Ibnu Khaldun dalam konteks Pendidikan Nasional Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mentode contens analisis. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu peneliti itu sendiri dengan menggunakan mengunakan Teknik pengumpulan data studi dokumen. Hasil penelitian Pendidikan dalam pandangan Ibnu Khaldun ialah bentuk dari eksistensi manusia. Dengan konsep keseimbangan antara Ilmu umum dan Ilmu Agama. Adapun tujuan pendidikan Islam adalah mencari ridha Allah SWT.Pendidikan ideal Ibnu Khaldun mencakup tujuan pendidikan kurikulum pendidikan, pendidik, metode dan peserta didik. Relevansi Pendidikan Islam Ibnu Khaldun dengan Pendidikan nasional adalah terdapat relevansi antara konsep pendidikan Islam dalam perspektif Ibnu Khaldūn dengan UU No. 20 tahun 2003 Tentang Sisdiknas. Relevansi tersebut dapat kita lihat pada beberapa gagasan dalam batang tubuh undang-undang tersebut. Relevansi gagasan Ibnu Khaldūn tentang tujuan pendidikan dapat terlihat dalam UUSPN 2003 pada pasal 1 ayat 5 serta pasal 4.. Gagasan Ibnu Khaldūn tentang kurikulum dapat kita lihat relevansinya pada pasal 37 ayat 1 dan 2. Gagasan Ibnu Khaldūn tentang metode pendidikan dapat kita lihat relevansinya pada pasal 4 ayat 4 dan 5. Gagasan Ibnu Khaldūn tentang pendidik dan peserta didik dapat kita lihat relevansinya pada pasal 40 ayat 2 bagian (c), pasal 40 ayat 2 bagian (a), pasal 39 ayat 2, pasal 42 ayat 1, dan pasal 12 ayat ayat 2.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pemikiran, Ibnu Khaldun, Pendidikan Islam
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:57
Last Modified: 21 Feb 2023 07:57
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9869

Actions (login required)

View Item View Item