PENGARUH KEMAMPUAN ANALOGI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS X SMA NEGERI 1 KUNINGAN KABUPATEN KUNINGAN

YAN LEDISTERRA, (2012) PENGARUH KEMAMPUAN ANALOGI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS X SMA NEGERI 1 KUNINGAN KABUPATEN KUNINGAN. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127350063_YAN LEDISTERRA__ok.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

YAN LEDISTERRA : Pengaruh Kemampuan Analogi terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Kelas X SMA Negeri 1 Kuningan Kabupaten Kuningan. Pemahaman siswa terhadap materi pelajaran matematika masih kurang. Hal ini dikarenakan siswa tidak memaksimalkan kemampuan kognitifnya, terlebih kemampuan analogi yang sudah ada pada diri siswa. Sehingga hasil belajar siswa pun kurang optimal, maka perlu dikembangkan kemampuan analogi untuk memaksimalkan hasil belajar matematika siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji kemampuan analogi siswa, hasil belajar matematika siswa dan pengaruh kemampuan analogi terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMAN 1 Kuningan Kabupaten Kuningan pada tahun Ajaran 2011/2012. Kemampuan analogi adalah kemampuan yang telah dimiliki oleh masing-masing siswa dalam struktur kognitifnya. Kemampuan analogi ini sangat penting dalam pembelajaran matematika, karena dalam pelajaran matematika pasti melibatkan penganalogian. Sehingga kemampuan analogi yang baik tentunya akan meningkatkan hasil belajar matematika. Bentuk penelitian ini adalah studi kasus. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling, yaitu dengan purposive sampling. Sampel penelitian adalah siswa kelas X dengan jumlah siswa sebanyak 32 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar tes, untuk kedua variabel. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi dan analisis regresi. Analisis data diawali dengan analisis korelasi diperoleh angka korelasi sebesar 0,633 menunjukan korelasi kuat. Hipotesis penelitian pada penelitian ini adalah “Terdapat pengaruh positif yang signifikan antara kemampuan analogi dan hasil belajar matematika siswa” dengan, hasil analisis regresi menyatakan model regresi yang didapat adalah Y= 0,817X dengan angka koefisien determinasi sebesar 40,07%, angka ini menunjukan pengaruh positif ditimbulkan oleh kemampuan analogi pada peningkatan hasil belajar siswa. Dari hasil penelitian yang diperoleh skor rata-rata kemampuan analogi siswa sebesar 70,94 dalam kategori sedang. Hasil belajar matematika siswa diperoleh dengan skor rata-rata sebesar 50,50 dalam katagori cukup. Serta besar pengaruh kemampuan analogi terhadap hasil belajar matematika siswa menunjukan angka sebesar 40,07%. Hal ini menunjukan pengaruh yang signifikan dari kemampuan analogi pada peningkatan hasil belajar matematika siswa. Kata Kunci : Kemampuan Analogi, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 17 Mar 2017 05:43
Last Modified: 07 Jun 2017 03:19
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/987

Actions (login required)

View Item View Item