PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR SISWA ANTARA YANG MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8 DENGAN ALAT PERAGA BENDA TIGA DIMENSI (Studi Eksperimen Kelas VIII di SMP Negeri 6 Kota Cirebon)

Asep Heriyanto, (2012) PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR SISWA ANTARA YANG MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8 DENGAN ALAT PERAGA BENDA TIGA DIMENSI (Studi Eksperimen Kelas VIII di SMP Negeri 6 Kota Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127350064_Asep Heriyanto (58451006)__ok.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Asep Heriyanto. NIM 58451006. PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR SISWA ANTARA YANG MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8 DENGAN ALAT PERAGA BENDA TIGA DIMENSI (STUDI EKSPERIMEN KELAS VIII DI SMP NEGERI 6 KOTA CIREBON) Proses pembelajaran matematika yang kurang menarik menyebabkan siswa menjadi bosan dan kurang tertarik untuk mempelajarinya, akibatnya prestasi belajar matematika siswa kurang maksimal. Hal ini menjadi masalah klasik yang perlu diperbaiki. Penggunaan media yang sesuai dapat memberikan perubahan dalam proses pembelajaran matematika, sehingga siswa termotivasi dan prestasi belajar matematika siswa menjadi maksimal. Pemilihan media pembelajaran yang sesuai dengan materi dan tujuan pembelajaran menjadi salah satu penentu dalam memaksimalkan prestasi belajar matematika siswa. Berdasarkan masalah tersebut penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang perbandingan prestasi belajar siswa antara yang menggunakan Macromedia Flash 8 dengan alat peraga benda tiga dimensi dalam proses pembelajaran. Pembelajaran menggunakan Macromedia Flash 8 merupakan proses pembelajaran dimana media tersebut menampilkan audio visual serta animasi yang dapat memotivasi siswa untuk belajar sehingga hasil belajar menjadi maksimal. Pembelajaran dengan menggunakan alat peraga benda tiga dimensi yaitu dengan melibatkan benda-benda nyata yang terbuat dari barang bekas sebagai media dalam proses pembelajaran. Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen menggunakan Macromedia Flash 8 dan alat peraga benda tiga dimensi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Cirebon tahun pelajaran 2011-2012 yang berjumlah 338 siswa dengan rincian 154 siswa laki-laki dan 184 siswi perempuan. Teknik pengampilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik cluster random sampling, diperoleh kelas VIII A sebagai kelas eksperimen 1 yang menggunakan Macromedia Flash 8 dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen 2 yang menggunakan alat peraga benda tiga dimensi. Adapun teknik dalam pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji t dua sampel saling bebas. Hasil uji t dua sampel saling bebas diketahui bahwa nilai thitung dengan tingkat kepercayaan α = 5% adalah 3,902 dan nilai sig. sebesar 0,000. Adapun untuk nilai ttabel dengan derajat kebebasan 79 diperoleh 1,99. Dengan demikian nilai thitung > ttabel yaitu 3,902 > 1,99 maka H0 ditolak. Hasil tersebut menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar kelas eksperimen 1 yang menggunakan Macromedia Flash 8 dengan kelas eksperimen 2 yang menggunakan alat peraga benda tiga dimensi pada pokok bahasan kubus dan balok.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 17 Mar 2017 05:47
Last Modified: 06 Jun 2017 02:40
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/988

Actions (login required)

View Item View Item