PENGARUH PENGGUNAAN COOPERATIVE LEARNING METODE SNOWBALL THROWING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA (PADA PELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN SEGITIGA DAN SEGI EMPAT) (Studi Eksperimen Kelas VII MTsN Cisaat Sumber Cirebon)

Uswatun Hasanah, (2012) PENGARUH PENGGUNAAN COOPERATIVE LEARNING METODE SNOWBALL THROWING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA (PADA PELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN SEGITIGA DAN SEGI EMPAT) (Studi Eksperimen Kelas VII MTsN Cisaat Sumber Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127350065_USWATUN HASANAH_58450998__ok.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Uswatun Hasanah. NIM 58450998. “PENGARUH PENGGUNAAN COOPERATIVE LEARNING METODE SNOWBALL THROWING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA (PADA PELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN SEGITIGA DAN SEGI EMPAT) (Studi Eksperimen Kelas VII MTsN Cisaat Sumber Cirebon)”. Skripsi. Cirebon: Fakultas Tarbiyah, Tadris Matematika, Institut Agama Islam Negeri, Juni 2012. Matematika dianggap pelajaran yang sulit oleh beberapa siswa. Pelajaran yang lebih banyak menghitung terkadang membuat siswa merasa bosan. Sementara metode pembelajaran yang digunakan oleh sebagian guru cenderung berpusat pada guru serta mendominasi sebagai sumber informasi dan tugas siswa hanya mecatat sehingga suasana belajar menjadi membosankan. Penggunaan Cooperative Learning metode Snowball Throwing merupakan salah satu metode pembelajaran yang membantu bagaimana siswa memperoleh pengetahuan, keterampilan, akrab dengan dengan teman-teman yang lain, dan sikap secara aktif. Penelitian ini dilatar belakangi dari kerangka pemikiran bahwa bahwa metode pembelajaran yang membuat siswa turut aktif, ikut mempengaruhi prestasi belajar matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prestasi belajar siswa setelah mengggunakan metode Snowball Throwing, bagaimana respon siswa yang pembelajarannya menggunakan Cooperative Learning metode Snowball Throwing, serta mengetahui pengaruh penggunaan Cooperative Learning metode Snowball Throwing Jenis penelitian ini merupakan pendekatan Kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes. Teknik analisis data dalam penellitian ini yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji linearitas, dan analisis regresi sederhana. Hipotesis dalam penelitian ini adalah penggunaan Cooperative Learning metode Snowball Throwing dapat mempengaruhi prestasi belajar matematika siswa MTsN Cisaat Sumber Cirebon. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII di MTsN Cisaat Sumber Cirebon pada tahun ajaran 2011/2012. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII-C MTsN Cisaat Sumber Cirebon pada tahun ajaran 2011/2012. Data yang terkumpul dianalisis mengggunakan uji prasyarat dan uji hipotesis. Untuk uji hipotesis, penulis menggunakan uji regresi linear. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 74,5. Sedangkan Respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan Cooperative Learning metode Snowball Throwing adalah tergolong baik. Dilihat dari 40 responden, sebanyak 25 siswa (62,5 %) merespon positif, sedangkan sisanya sebanyak 15 siswa (37,5 %) merespon netral. Dilihat dari persamaan regresinya yaitu Ŷ= 53,707 + 0,274 X, menandakan penggunaan Cooperative Learning metode Snowball Throwing berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 17 Mar 2017 06:30
Last Modified: 07 Jun 2017 03:10
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/989

Actions (login required)

View Item View Item