PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA (MATHEMATICS PROBLEM SOLVING) PADA POKOK BAHASAN BILANGAN (Studi Kasus pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Kota Cirebon)

FARHATUN.M, (2012) PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA (MATHEMATICS PROBLEM SOLVING) PADA POKOK BAHASAN BILANGAN (Studi Kasus pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Kota Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127350066_FARHATAUN MUKARROMAH__ok.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

FARHATUN.M : PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA (MATHEMATICS PROBLEM SOLVING) PADA POKOK BAHASAN BILANGAN (Studi Kasus pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Kota Cirebon) Berdasarkan studi pendahuluan di SMP Negeri 2 Kota Cirebon, tepatnya di kelas VII dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan Bilangan penulis menemukan permasalahan ketika memberikan latihan soal uraian yang berorientasi pemecahan masalah (problem solving) yaitu banyak siswa yang kesulitan. Dari hasil wawancara dengan guru mata pelajaran matematika kelas VII, diperoleh informasi yang mengindikasikan rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa, sehingga diduga kemungkinan rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika disebabkan oleh rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh kemampuan berpikir kreatif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika (mathematics problem solving). Hipotesis yang diajukan adalah terdapat pengaruh kemampuan berpikir kreatif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika (mathematics problem solving). Matematika merupakan arena memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari, sehingga menjadikan siswa mampu memecahkan masalah dengan baik adalah tuntutan dalam pembelajaran matematika. Sedangkan berpikir kreatif dapat menolong seseorang untuk meningkatkan kualitas dan keefektifan kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang bersifat studi kasus. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kota Cirebon. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling, yang kemudian diperoleh kelas VII B sebagai sampel penelitian. Setelah dilakukan penelitian dan pengolahan data menggunakan software SPSS 16, maka diperoleh kesimpulan bahwa skor rata-rata tes kemampuan berpikir kreatif setelah diverifikasi dengan wawancara sebesar 33,49 sedangkan skor rata-rata tes kemampuan pemecahan masalah matematika (mathematics problem solving) sebesar 33. Persamaan regresi yang dihasilkan yaitu Y =15,580 + 0,535X dengan koefisien determinasi sebesar 20,1%, sedangkan sisanya sebesar 79,9% ditentukan oleh faktor lain. Kata Kunci: kemampuan pemecahan masalah matematika (mathematics problem solving), kemampuan berpikir kreatif

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 17 Mar 2017 06:35
Last Modified: 06 Jun 2017 03:56
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/990

Actions (login required)

View Item View Item