PENGARUH JEJARING SOSIAL FACEBOOK SEBAGAI MEDIA BANTU PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 7 CIREBON

VITA FITRIANI, (2012) PENGARUH JEJARING SOSIAL FACEBOOK SEBAGAI MEDIA BANTU PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 7 CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127350068_VITA FITRIANI_07450666__ok.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

VITA FITRIANI (07450666):”PENGARUH JEJARING SOSIAL FACEBOOK SEBAGAI MEDIA BANTU PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 7 CIREBON” Jejaring sosial Facebook telah menjadi tren di kalangan remaja, oleh karenanya dapat digunakan sebagai alternatif media pembelajaran matematika. Dengan menggunakan Facebook sebagai media pembelajaran matematika diharapkan adanya peningkatan motivasi dan kreatifitas siswa yang dapat mengurangi kejenuhan belajar siswa, sehingga mendapatkan hasil belajar siswa yang memuaskan. Berdasarkan uraian diatas maka peneliti ingin mengetahui seberapa besar pengaruh jejaring sosial Facebook sebagai media pembelajaran matematika terhadap motivasi belajar siswa. Salah satu contoh fitur note / catatan dalam facebook dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan Facebook sebagai media bantu pembelajaran matematika, untuk mengetahui motivasi belajar siswa dengan menggunakan jejaring sosial Facebook sebagai media bantu pembelajaran matematika, dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Facebook sebagai media bantu pembelajaran matematika. Dalam matematika seringkali terdapat konsep yang kurang dimengerti oleh sebagian siswa. Oleh karena itu dalam setiap pemberian konsep diusahakan supaya dibarengi oleh media yang dapat membuat konsep itu terlihat mudah dan menarik untuk difahami. Selain itu juga penggunakan media dapat memotivasi siswa untuk ikut aktif dalam proses belajar sehingga akan mendapatkan hasil yang optimal. Salah satu cara untuk dapat membantu menyajikan konsep matematika agar lebih mudah difahami adalah dengan menggunakan jejaring sosial Facebook. Metode yang digunakan peneliti adalah eksperimen dengan teknik pengumpulan data observasi dan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah populasi kelas VIII SMPN 7 Kota Cirebon. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, yakni siswa yang terdaftar dalam grup facebook yang telah disediakan oleh peneliti. Setelah data diperoleh kemudian dianalisa, untuk uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas, uji homogentitas, uji kelinieran, uji regresi, uji korelasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian yang diperoleh, penggunaan jejaring sosial facebook sebagai media pembelajaran matematika dengan rata-rata angket 44,6% sedangkan motivasi belajar matematika dengan rata-rata 39,6%. Persamaan regresi didapat sebesar Y=22,33 + 0,358X. Pengaruh penggunaan jejaring sosial Facebook sebagai media bantu pembelajaran matematika menunjukkan korelasi yang rendah dengan nilai rhitung =0,359. Adapun pengaruhnya diperoleh thitung sebesar 2,369. Sedangakan ttabel diketahui nilainya sebesar 0,257. Ini berarti thitung > ttabel (2,369 > 0,257) yang berarti bahwa Ho ditolak, yang berarti bahwa ada pengaruh jejaring sosial Facebook sebagai media bantu pembelajaran matematika terhadap motivasi belajar matematika.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 17 Mar 2017 06:42
Last Modified: 07 Jun 2017 03:13
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/992

Actions (login required)

View Item View Item