STUDI KOMPARASI EFEKTIFITAS METODE SARRUS, EKSPANSI KOFAKTOR, DAN REDUKSI BARIS DALAM PENCARIAN NILAI DETERMINAN MATRIKS BERORDO 3X3 (Studi Eksperimen pada Mahasiswa Semester IV Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah IAIN Syekh Nurjati Cirebon)

Dedi Miftahul Faridi, (2012) STUDI KOMPARASI EFEKTIFITAS METODE SARRUS, EKSPANSI KOFAKTOR, DAN REDUKSI BARIS DALAM PENCARIAN NILAI DETERMINAN MATRIKS BERORDO 3X3 (Studi Eksperimen pada Mahasiswa Semester IV Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah IAIN Syekh Nurjati Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127350071_DEDI M.Fd_58451060__ok.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dedi Miftahul Faridi. NIM 58451060. Studi Komparasi Efektifitas Metode Sarrus, Ekspansi Kofaktor, dan Reduksi Baris dalam Pencarian Nilai Determinan Matriks Berordo 3X3 (Studi Eksperimen pada Mahasiswa Semester IV Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah IAIN Syekh Nurjati Cirebon). Skripsi. Cirebon : Fakultas Tarbiyah, Tadris Mateamtika, Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati, Juli 2012 Penentuan metode penyelesaian yang akan digunakan sangat berpengaruh pada hasil penyelesaian yang akan diperoleh. Dalam Mata Kuliah Aljabar Matriks mengenai Pokok Bahasan Determinan, untuk mencari nilai determinan dari matriks berordo 3X3 digunakan beberapa metode pencarian, yaitu Metode Sarrus, Ekspansi Kofaktor, dan Reduksi Baris. Mahasiswa dituntut untuk mengerjakan soal determinan secara efektif disamping efesien, khususnya ketika menghadapi ujian yang waktunya dibatasi. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui kemampuan mahasiswa dalam mencari nilai determinan matriks berordo 3X3 menggunakan Metode Sarrus, Ekspansi Kofaktor, dan Reduksi Baris. Selain itu, tujuannya yaitu ingin mengetahui perbedaan efektifitas antara ketiga metode tersebut. Setelah diketahui perbedaannya, maka bisa ditentukan metode mana yang lebih efektif dari ketiga metode tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan pendekatan studi perbandingan melalui perhitungan secara kuantitatif. Dalam penelitian ini dibentuk tiga kelompok yaitu Kelompok Metode Sarrus, Ekspansi Kofaktor dan Reduksi Baris. Kelompok Metode Sarrus sebagai kelompok kontrol, sedangkan yang lainnya adalah kelompok eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester IV Jurusan Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Pengambilan sampel digunakan teknik Cluster Sampling. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kemampuan mahasiswa dalam mencari nilai determinan matriks berordo 3X3 menggunakan metode sarrus termasuk kategori sangat tinggi, untuk metode ekspansi kofaktor termasuk kategori tinggi, dan untuk metode reduksi baris termasuk kategori sedang. Ada perbedaan yang signifikan antar ketiga metode, dan Metode Sarrus adalah metode yang paling efektif dalam pencarian nilai determinan matriks berordo 3X3. Kata Kunci: Metode Sarus, Metode Ekspansi Kofaktor, Metode Reduksi Baris, Determinan matriks 3X3

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 17 Mar 2017 06:55
Last Modified: 06 Jun 2017 03:07
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/995

Actions (login required)

View Item View Item