PENGARUH PEMAHAMAN BILANGAN PECAHAN TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL-SOAL PERHITUNGAN MAWARIS (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI IPAMAN 1 Cirebon)

JULAEHA, (2012) PENGARUH PEMAHAMAN BILANGAN PECAHAN TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL-SOAL PERHITUNGAN MAWARIS (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI IPAMAN 1 Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127350073_julaeha_58451075__ok.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

JULAEHA, Pengaruh Pemahaman Bilangan Pecahan terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal-soal Perhitungan Mawaris (Studi Kasus Pada Kelas XI IPA MAN 1 Cirebon) Berdasarkan studi pendahuluan peneliti, MAN 1 Cirebon merupakan sekolah yang mengalami banyak kemajuan, terutama pada aktifitas belajar siswa ketika berada di dalam kelas, siswa semakin kritis dalam menerima pelajaran. Dengan demikian, peluang siswa untuk menghubungkan antar pelajaran semakin besar. Akan tetapi, dalam kenyataannya masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam menghubungkan antara Matematika dengan pelajaran yang lainnya, padahal aktifitas belajar yang baik dan kekritisan siswa yang baik pula sangat mendukung dalam kemampuan menghubungkan antara pelajaran Matematika dengan pelajaran lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh pemahaman bilangan pecahan terhadap kemampuan menyelesaikan soal-soal perhitungan mawaris pada siswa kelas XI IPA MAN 1 Cirebon. Konsep pada matematika dengan konsep lainnya saling berkaitan. Seperti antara dalil dengan dalil, antara topik dengan topik, antara cabang matematika misalnya antara aljabar dengan dengan geometri, serta antara matematika dengan cabang ilmu yang lainnya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI IPA MAN 1 Cirebon yang berjumlah 132 siswa, sedangkan pengambilan sampelnya menggunakan metode expert sampling, dengan mengambil satu kelas dari tiga kelas yang ada, yaitu kelas XI IPA 2 yang berjumlah 49 siswa. Variabel dalam penelitian ini adalah pemahaman bilangan pecahan (X) dan kemampuan menyelesaikan soal-soal perhhitungan mawaris (Y). Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan tes. Setelah dilakukan penelitian dan pengolahan data menggunakan bantuan software SPSS 16, maka dihasilkan prosentase rata-rata pencapaian indikator pada tes pemahaman bilangan pecahan sebesar 76,5%, dengan skor rata-rata sebesar 76,48. Prosentase rata-rata pencapaian indikator pada tes penyelesaian soal-soal perhitungan mawaris adalah 64%, dengan skor rata-rata sebesar 63,636. Persamaan regresi yang dihasilkan yaituY 23 ,800 0 ,520 x ^   . Dengan nilai koefisien determinasi sebesar 29,3%. Dari nilai koefisien determinasi diatas dapat disimpulkan bahwa pengaruh pemahaman bilangan pecahan terhadap kemampuan menyelesaikan soal-soal perhitungan mawaris sebesar 29,3%, dan kemampuan menyelesaikan soal-soal perhitungan mawaris juga dipengaruhi oleh pemahaman materi mawaris sebesar 20,4 % sedangkan sebesar 50,3% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 17 Mar 2017 07:04
Last Modified: 06 Jun 2017 06:04
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/997

Actions (login required)

View Item View Item