EFEKTIVITAS PENGGUNAAN BAHAN AJAR POKOK BAHASAN DIMENSI TIGA BERBASIS E-LEARNING (WEB) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS X SMAN 1 RAJAGALUH

Raden Hadi P. W, (2012) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN BAHAN AJAR POKOK BAHASAN DIMENSI TIGA BERBASIS E-LEARNING (WEB) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS X SMAN 1 RAJAGALUH. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127350074_Rd Hadi P W__ok.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Raden Hadi P. W : Efektivitas Penggunaan Bahan Ajar Pokok Bahasan Dimensi Tiga Berbasis E-Learning (WEB) Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas X SMAN 1 Rajagaluh Berdasarkan studi pendahuluan yang peneliti lakukan pada tanggal 1 April 2012 sampai 1 Juni 2012 di SMA Negeri 1 Rajagaluh didapat hasil bahwa SMA Negeri 1 Rajagaluh merupakan salah satu sekolah yang sudah menggunakan berbagai alat teknologi seperti komputer, laptop, notebook, netbook atau bahkan tablet PC sebagai alat pembelajaran yang menggunakan bahan ajar berupa file microsoft office diantaranya yaitu file document (microsoft word), power point presentation (microsoft power point), dan pdf file yang dikemas dalam sebuah web. Berdasarkan uraian yang telah dipaparkan, maka peneliti melakukan penelitian studi eksperimen dengan judul ”Efektivitas Penggunaan Bahan Ajar Pokok Bahasan Dimensi Tiga Berbasis E-learning (WEB) Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas X SMA Negeri 1 Rajagaluh”. Secara Teoritis penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan bahan ajar pokok bahasan dimensi tiga berbasis e-learning (web) terhadap hasil belajar siswa kelas X SMAN 1 Rajagaluh. Secara praktis penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui seberapa signifikan penggunaan bahan ajar berbasis e-learning (web) ini terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Rajagaluh kabupaten majalengka. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi. Penelitian ini mengunakan model penelitian pengembangan (R&D) penelitian dilakukan dengan memberikan perlakuan atau treatment kepada kepada siswa dan selanjutnya diberikan angket dan tes untuk mengetahui hasilnya yang kemudian dianalisis. Penelitian ini akan ditunjukan oleh dua variabel yaitu efektivitas penggunaan pembelajaran berbasis e-learning (WEB) sebagai variabel X dan Hasil Belajar Matematika Siswa sebagai variabel Y. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa respon siswa terhadap penggunaan bahan ajar berbasis e-learning (web) memperoleh nilai rata-rata 70,69. Hasil belajar matematika siswa memperoleh skor rata-rata sebesar 77,56. Nilai koefisien determinasi sebesar 13,939% yang sisanya dipengaruhi oleh faktor – faktor lain. Nilai uji hipotesis memperoleh nilai thitung = -2,204 dan ttabel = 2,039. Berdasarkan seluruh perhitungan dan semua uji analisis data, dapat diambil kesimpulan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Penggunaan bahan ajar pokok bahasan dimensi tiga berbasis e-learning (web) terhadap hasil belajar matematika siswa dikatakan efektif.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 17 Mar 2017 07:46
Last Modified: 07 Jun 2017 01:55
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/998

Actions (login required)

View Item View Item