UPAYA MENINGKATKAN KOMUNIKASI MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TUTOR SEBAYA (Penelitian Tindakan Kelas di MTs Mafatihul Huda Kecamatan Depok Kabupaten Cirebon)

Ahmad hidayat, (2012) UPAYA MENINGKATKAN KOMUNIKASI MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TUTOR SEBAYA (Penelitian Tindakan Kelas di MTs Mafatihul Huda Kecamatan Depok Kabupaten Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127350075_AHMAD HIDAYAT_58451105__ok.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Ahmad hidayat: Upaya Meningkatkan Komunikasi Matematika Melalui Srategi Belajar kooperatif Tutor Sebaya ( Penelitian Tindakan Kelas di MTs Mafatihul Huda Kec. Depok Kab.Cirebon) Pembelajaran matematika di MTs Mafatihul Huda Kecamatan Depok Kabupaten Cirebon lebih banyak berpusat pusat pada guru sehingga keterlibatan siswa dalam belajar mengajar masih sangat kecil sehingga menyebabkan siswa enggan berfikir dan hal ini juga menebabkan siswa jenuh dan bosan dalam mengikuti pelajaran matematika akibatnya komunikasi matematika siswa rendah,beranjak dari kondisi yang telah diurai diatas,peneliti tertarik untuk menjadikan MTs Mafatihul Huda Kecamatan Depok sebagai tempat untuk melakukan penelitian tentang pelaksanaan pembelajaran Kooperatif Tutor Sebaya dalam upaya meningkatkan komunikasi matematika siswa dengan judul “ Upaya peningatan komunikasi Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Kooperatif Tutor Sebaya “ Tujuan penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tutor sebaya. serta untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa selama proses pembelajaran matematika melalui model pembelajaran kooperatif tutor sebaya. Pembelajarankooperatif tutor sebaya adalah rangkaian kegiatan belajar siswa dalam kelompok tertentu yang tingkat kemampuanya berbeda-beda, siswa yang memiliki kemampuan diatas rata-rata berkewajiban menjelaskan materi ajar keteman sekelompoknya, setiap anggota kelompok harus saling bekerja sama dan saling membantu untuk memahami materi pembelajaran. Dalam pembelajaran ini, belajar belum dikatakan selesai jika salah satu teman dalam kelompok belum menguasai bahan pelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitianTindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam beberapa siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tahapan yang harus dijalani dalam penelitian tindakan kelas yaitu; perncanaan, tindakan, pengamatan,danrefleksi (ZainalAqib, 2006 ; 1089). Strategi belajarkooperatif tutor sebaya pada kelas Mina MTs Mafatihul kemampuan komunikasi matematika siswayang ditunjukkan dengan nilai rata-rata hasil observasi pada setiap siklusnya, yakni ; siklus I sebesar 56.71% , siklus II sebesar 68.23 %,dan siklus III sebesar 82.56%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 17 Mar 2017 07:50
Last Modified: 06 Jun 2017 01:55
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/999

Actions (login required)

View Item View Item