eprintid: 14458 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 34 dir: disk0/00/01/44/58 datestamp: 2024-08-19 04:19:53 lastmod: 2024-08-19 04:19:53 status_changed: 2024-08-19 04:19:53 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: LUQMAN ISMAIL, creators_nim: 1808101184 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/AUT title: IMPLEMENTASI METODE SOROGAN DALAM MEMPELAJARI KITAB SAFINATUNNAJAH DI PONDOK PESANTREN AL IHYA KOTA CIREBON ispublished: pub subjects: LB2300 divisions: pai full_text_status: public abstract: Pondok Pesantren Al Ihya merupakan salah satu lembaga pondok pesantren yang menerapkan metode sorogan. Metode sorogan di Pondok Pesantren Al Ihya sudah berjalan dengan baik, santri juga terlihat disiplin saat mengikuti pembelajaran. Namun demikian praktiknya masih ditemukan hal-hal yang dapat memperhambat jalannya pembelajaran. Diantaranya para santri sering merasa bosan, cepat mengantuk, dan masih belum menguasai ilmu nahwu dan shorof. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran kitab safinatunnajah menggunakan metode sorogan, mengetahui hambatan pembelajaran kitab safinatunnajah menggunakan metode sorogan, dan mengetahui dampak positif pembelajaran kitab safinatunnajah setelah menggunakan metode sorogan di pondok pesantren Al-Ihya Kota Cirebon. Metode sorogan adalah sebuah cara atau pola pembelajaran secara individual dimana seorang santri menyorogkan kitabnya kepada kyai atau ustadz untuk ditashih atau dibenarkan secara langsung oleh kyai serta pada kesempatan ini terjadi interaksi di antara keduanya pada proses pembelajaran tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jenis penelitian kualitatif. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah ustadz/pengajar metode sorogan dan santri Pondok Pesantren Al Ihya Kota Cirebon. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, display data dan verifikasi. Sedangkan untuk keabsahan data penulis menggunakan Teknik triangulasi metode dan sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Metode sorogan kitab Safinahtunnajah yang diimplementasikan di Pondok Pesantren Al Ihya merupakan kombinasi antara metode sorogan dan metode bandongan. 2) Hambatan metode sorogan yang diimplementasikan pada kitab Safinatunnajah di Pondok Pesantren Al Ihya yaitu, santri kesulitan dalam menghafalkan dan menulis makna jawa pegon, santri seringkali salah dalam melafadzkan harakat di akhir kalimat, santri kesulitan dalam menerapkan kaidah ilmu nahwu dan shorof, dan santri cepat merasa bosan dan jenuh. 3) Dampak Positif metode sorogan yang diimplementasikan pada kitab Safinatunnajah di Pondok Pesantren Al Ihya yaitu Para ustadz dan pengajar dapat melakukan pengamatan, pengawasan, penilaian dan bimbingan secara maksimal terhadap kemampuan santrinya dalam membaca dan memahami kitab Safinatunnajah. Kata Kunci: Implementasi, Metode Sorogan, Dampak Positif date: 2024 date_type: published institution: S1-Pendidikan Agama Islam IAIN Syekh Nurjati. department: KEMENAG RI thesis_type: diploma thesis_name: other official_url: https://syekhnurjati.ac.id related_url_url: https://repository.syekhnurjati.ac.id related_url_type: pub citation: LUQMAN ISMAIL, (2024) IMPLEMENTASI METODE SOROGAN DALAM MEMPELAJARI KITAB SAFINATUNNAJAH DI PONDOK PESANTREN AL IHYA KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1-Pendidikan Agama Islam IAIN Syekh Nurjati.. document_url: https://repository.syekhnurjati.ac.id/14458/1/1.%20COVER%20sd%20DAFTAR%20ISI.pdf document_url: https://repository.syekhnurjati.ac.id/14458/2/BAB%20I.pdf document_url: https://repository.syekhnurjati.ac.id/14458/3/BAB%20V.pdf document_url: https://repository.syekhnurjati.ac.id/14458/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf