Implementasi Program Jabar Berdaya dengan Kampung Rotan (JANGKAR) Oleh Dompet Dhuafa di Desa Leuwilaja Kecamatan Sindangwangi Kabupaten Majalengka

Rizkiyah Khoirunnisa Putri, (2023) Implementasi Program Jabar Berdaya dengan Kampung Rotan (JANGKAR) Oleh Dompet Dhuafa di Desa Leuwilaja Kecamatan Sindangwangi Kabupaten Majalengka. Bachelor thesis, IAIN SYEKH NURJATI. S1 PMI.

[img]
Preview
Text
1808305074_1_cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808305074_2_bab1.pdf

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808305074_6_bab5.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808305074_7_dafpus.pdf

Download (204kB) | Preview

Abstract

Kemiskinan merupakan permasalahan yang hingga saat ini masih ada di Jawa Barat khususnya Majalengka, oleh sebab itu perlu dilakukannya pembangunan untuk mengurangi kemiskinan. Pembangunan tersebut dapat dilakukan melalui pemberdayaan masyarakat, program pemberdayaan masyarakat merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Adanya program pemberdayaan masyarakat dapat membantu masyarakat menjadi lebih mandiri melalui pelatihan-pelatihan yang diberikan, membuka lapangan pekerjaan sehingga dapat mengurangi angka pengangguran, meningkatkan dan memperbaiki penghasilan masyarakat sehingga mereka dapat mencukupi kebutuhan sehari-hari mereka. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui implementasi pemberdayaan masyarakat melalui program Jabar Berdaya dengan Kampung Rotan (JANGKAR) oleh Dompet Dhuafa di Desa Leuwilaja Kecamatan Sindangwangi Kabupaten Majalengka, tujuan lain untuk mengetahui dampak ekonomi masyarakat setelah mengikuti program Jabar Berdaya dengan Kampung Rotan (JANGKAR) oleh Dompet Dhuafa di Desa Leuwilaja. Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif bersifat deskriptif melalui observasi, wawancara dan penelaahan dokumen. Teknik analisis data mengunakan teori Miles dan Huberman melalui 3 (tiga) tahap yaitu reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan dari data yang diperoleh dari lapangan. Dari hasil penelitian diketahui bahwa implementasi pemberdayaan masyarakat pada program Jangkar yaitu dengan memberdayakan masyarakat baik lokal maupun luar desa terutama anak-anak jalanan. Terdapat 1 grup pengrajin rotan dari program Jangkar yang masih berjalan hingga saat ini yaitu Jangkar Batch 2 di Desa Leuwilaja Kecamatan Sindangwangi Kabupaten Majalengka yang saat ini beranggotakan 7 orang dengan latar belakang yang berbeda yaitu; 1 IRT, 2 pedagang, 3 anak jalanan, dan 1 kriditan. Proses pemberdayaan masyarakat yang dilakukan melalui 5 tahap yaitu tahap persiapan, sosialisasi, pelatihan, produksi dan pemasaran. Adapun dampak ekonomi yang dirasakan oleh masyarakat yang mengikuti program Jangkar yaitu pertama, membuka lapangan pekerjaan bagi mereka yang sebelumnya pengangguran atau tidak memiliki penghasilan yang tetap. Kedua, dapat meningkatkan dan memperbaiki ekonomi masyarakat yang mengikuti program Jangkar.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Dampak Ekonomi, JANGKAR, Pemberdayaan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 10 Mar 2023 03:34
Last Modified: 14 Mar 2023 07:26
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10023

Actions (login required)

View Item View Item