Terapi Menulis Ekspresif sebagai Upaya Self Healing untuk Meningkatkan Kesehatan Mental pada Remaja Akhir di Kabupaten Cirebon

Ruhi Aprilia Muharromah, (2023) Terapi Menulis Ekspresif sebagai Upaya Self Healing untuk Meningkatkan Kesehatan Mental pada Remaja Akhir di Kabupaten Cirebon. Bachelor thesis, IAIN SYEKH NURJATI. S1 BKI.

[img]
Preview
Text
1908306082_1_cover.pdf

Download (700kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908306082_2_bab1.pdf

Download (666kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908306082_6_bab5.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908306082_7_dafpus.pdf

Download (204kB) | Preview

Abstract

Terapi menulis ekspresif adalah sebuah terapi dengan pendekatan kognitif yang mengarah pada kegiatan menulis sesuai dengan kondisi, perasaan, dan emosional orang tersebut. Dalam penggunaannya, terapi menulis ekspresif sangatlah berperan dalam proses self healing-nya remaja akhir untuk menyalurkan, melepaskan, memproses, serta mengekspresikan segala macam emosi negatif. Setelah dilakukannya self healing mengunakan proses terapi menulis ekspresif ke depannya remaja akhir mampu mengatasi permasalahan yang terjadi pada dirinya dan sedikit demi sedikit bisa meningkatkan kesehatan mentalnya. Tujuan dari penelitian ini yaitu : (1) Untuk mengetahui bagaimana kondisi kesehatan mental yang dialami oleh remaja akhir, (2) untuk memahami jenis-jenis media terapi menulis ekspresif sebagai upaya self healing untuk meningkatkan kesehatan mental pada remaja akhir, (3) untuk mengetahui bagaimana manfaat terapi menulis eskpresif sebagai upaya self healing terhadap kesehatan mental remaja akhir. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif, sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan: (1) wawancara, (2) observasi, (3) dokumentasi. Teknik penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling,informan penelitian ini ada 5 yaitu: (1) Phonam, (2) Alin, (3) Fatiha, (4) Athiya, (5) Layine. Teknik analisis data menggunakan: (1) reduksi data, (2) penyajian data, (3) penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) kondisi kesehatan mental pada remaja akhir yang terdiri dari: a) kondisi psikologis pada remaja akhir, b) kondisi sosial pada remaja akhir, c) kondisi pendidikan pada remaja akhir; (2) jenis-jenis media terapi menulis ekspresif yang terdiri dari: a) menulis diari, b) puisi, c) cerpen; (3) manfaat terapi menulis ekspresif pada remaja akhir yang terdiri dari: a) alasan menggunakan terapi menulis ekspresif, b) waktu pelaksanaan terapi menulis ekspresif, d) penyaluran hasil terapi menulis ekspresif e) respond orang terdekat tentang pelaksanaan terapi menulis ekspresif f) manfaat terapi menulis ekspresif.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Terapi menulis ekspresif, self healing dan kesehatan mental
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 14 Mar 2023 01:52
Last Modified: 14 Mar 2023 01:52
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10031

Actions (login required)

View Item View Item