PENGARUH PENGUASAAN MATERI EKSPONEN TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL LOGARITMA DI SMA NEGERI 5 KOTA CIREBON

Shopiah, (2012) PENGARUH PENGUASAAN MATERI EKSPONEN TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL LOGARITMA DI SMA NEGERI 5 KOTA CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127350082_Shopiah (58450993)__ok.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Shopiah. NIM 58450993. “PENGARUH PENGUASAAN MATERI EKSPONEN TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL LOGARITMA DI SMA NEGERI 5 KOTA CIREBON”. Skripsi. Cirebon: Fakultas Tarbiyah, Tadris Matematika, Institut Agama Islam Negeri, Juli 2012. Matematika merupakan suatu ilmu yang mempelajari tentang konsep-konsep yang terstruktur dan saling berkaitan antara yang satu dengan yang lainnya. Mempelajari matematika berawal dari konsep-konsep yang sederhana hingga berlanjut ke konsep-konsep yang lebih kompleks. Syarat untuk bisa berlanjut mempelajari ke topik berikutnya yaitu harus menguasai topik sebelumnya. Sama halnya dalam mempelajari pokok bahasan logaritma, seorang siswa harus memahami terlebih dahulu materi eksponen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguasaan materi eksponen pada kelas X. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal logaritma pada kelas X serta untuk menentukan ada tidaknya pengaruh penguasaan materi eksponen terhadap kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal logaritma pada kelas X. Eksponen merupakan bentuk umum dari suatu bilangan berpangkat adalah an, a disebut bilangan pokok dan n disebut pangkat. Logaritma adalah invers (kebalikan) dari eksponen, yaitu mencari pangkat dari suatu bilangan pokok sehingga hasilnya sesuai dengan yang telah diketahui. Dari pernyataan diatas dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang saling terkait antara materi eksponen dengan materi logaritma. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X di SMA Negeri 5 kota Cirebon pada tahun ajaran 2011/2012. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X7 SMA Negeri 5 kota Cirebon pada tahun ajaran 2011/2012. Data yang terkumpul dianalisis mengggunakan uji prasyarat dan uji hipotesis. Untuk uji hipotesis, penulis menggunakan uji regresi linear dan uji kebaikan model. Hasil analisis tersebut menunjukan bahwa koefisien determinasi atau kebaikan model yang dihasilkan adalah sebesar 83%. Ini berarti pengaruh penguasaan materi eksponen terhadap kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal logaritma sebesar 83%. Berdasarkan hasil pengujian statistik diperoleh persamaan regresi ŷ = 1,159X. Nilai uji t menunjukkan signifikansi sebesar 11,267 > 1,706. Ini menunjukkan bahwa variabel materi eksponen mempengaruhi kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal logaritma secara signifikan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil tes penguasaan materi eksponen diperoleh rata-rata nilai 85,71 dan hasil tes kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal logaritma diperoleh rata-rata nilai 80,36. Pengaruh penguasaan materi eksponen terhadap kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal logaritma menunjukan pengaruh yang signifikan. Hasil analisis menunjukan bahwa koefisien determinasi yang dihasilkan adalah sebesar 83%.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 17 Mar 2017 08:37
Last Modified: 07 Jun 2017 02:42
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1006

Actions (login required)

View Item View Item