PERSEPSI MAHASISWA CALON GURU MI TERHADAP KEBIJAKAN MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA (MBKM)

Nur Atikoh, and Farihin, (2022) PERSEPSI MAHASISWA CALON GURU MI TERHADAP KEBIJAKAN MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA (MBKM). Al-Tarbiyah : Jurnal Pendidikan, 32 (2). pp. 88-102. ISSN 2442-6377

[img]
Preview
Text
PERSEPSI MAHASISWA CALON GURU MI TERHADAP KEBIJAKAN.pdf

Download (434kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pemahaman dan pengetahuan mahasiswa calon guru MI IAIN Syekh Nurjati Cirebon tentang Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Data yang diperoleh dari hasil survey sebanyak 149 responden yang dipilih dengan teknik random sampling. Analisis data menggunakan content analysis. Setiap indikator jawaban responden dilakukan analisis konten untuk mendapatkan penjelasan tentang kandungan informasi atas persepsi tentang program MBKM. Hasil penelitian yang didapat ialah sejumlah 77% mahasiswa belum mengetahui isi kebijakan MBKM secara maksimal. Hal ini disebabkan oleh kurangnya informasi yang diperoleh mahasiswa sehingga ragu ragu untuk merekomendasikan program MBKM. Meskipun demikian, mahasiswa mempunyai minat dan antusias yang tinggi sebesar 59% dari total responden terkait adanya program MBKM. Oleh sebab itu, perlu adanya sosialisasi yang masif untuk mengenalkan program MBKM untuk mensukseskan keberhasilan program MBKM

[error in script]
Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: MBKM policy, perception, prospective primary teachers
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 18 Apr 2023 04:38
Last Modified: 18 Apr 2023 04:38
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10122

Actions (login required)

View Item View Item