PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE PEMECAHAN MASALAH (PROBLEM SOLVING) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 JAMBLANG KABUPATEN CIREBON PADA MATERI SEGITIGA

SITI ROFIKHO, (2012) PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE PEMECAHAN MASALAH (PROBLEM SOLVING) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 JAMBLANG KABUPATEN CIREBON PADA MATERI SEGITIGA. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
127350084_SITI ROFIKHO_58451135__ok.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

SITI ROFIKHO : Pengaruh Pembelajaran Matematika Dengan Metode Pemecahan Masalah (Problem Solving) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Jamblang Kabupaten Cirebon Pada Materi Segitiga. Metode pembelajaran merupakan salah satu komponen dalam kurikulum pengajaran matematika dan termasuk faktor yang mempengaruhi proses kegiatan belajar mengajar dan keberhasilannya. Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa adalah dengan metode problem solving, karena materi yang disajikan metode ini melalui konteks yang bervariasi dan berhubungan dengan kehidupan siswa baik di rumah, di sekolah maupun di masyarakat secara luas. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji seberapa besar respon siswa terhadap penerapan metode problem solving dalam pembelajaran matematika di siswa kelas VII SMPN 1 Jamblang. Untuk mengkaji seberapa besar keberhasilan siswa terhadap pembelajaran matematika dengan metode problem solving. Untuk mengkaji adakah pengaruh pembelajaran matematika dengan metode problem solving terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMPN 1 Jamblang. Keberhasilan proses belajar mengajar matematika dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya adalah siswa, guru, dan suasana belajar. Penguasaan materi dan cara penyampaian atau metode pembelajaran merupakan syarat mutlak bagi guru matematika. Saat ini mulai berkembang beberapa eksperimen pendidikan dalam rangka menemukan metode pembelajaran yang tepat. Salah satunya adalah metode problem solving. Metode ini dicetuskan karena kesadaran perlunya melibatkan semua aspek yang dirumuskan dalam prinsip belajar dan pembelajaran. Metode ini dapat dipelajari dan dapat langsung diterapkan dalam kurikulum serta pelajaran apapun. Hal ini diharapkan dapat mempengaruhi peningkatan pemahaman yang berimbas pada peningkatan hasil belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dan teknik pengumpulan data yaitu angket dan tes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Jamblang dan sebagai sampel adalah siswa kelas VII B yang berjumlah 30 orang. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh tingkat korelasi antara pembelajaran matematika dengan metode problem solving terhadap hasil belajar matematika siswa. Besarnya pengaruh dapat ditunjukkan oleh koefesien determinasi 19% serta persamaan regresinya adalah = 6,90+0,8X. Sedangkan untuk hasil uji t diperoleh 2,53. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil analisis data menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan dari pembelajaran matematika dengan metode pemecahan masalah (problem solving) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 1 Jamblang Kabupaten Cirebon pada materi segitiga.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 20 Mar 2017 01:18
Last Modified: 07 Jun 2017 02:18
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1014

Actions (login required)

View Item View Item