SRI NURHALIMAH, (2012) PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE TAI (TEAMS ACCELERATED INSTRUCTION) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA (Studi Eksperimen pada kelas VIII SMP PGRI Ciawigebang Kab.Kuningan). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
127350085_SRI NURHALIMAH__ok.pdf Download (910kB) | Preview |
Abstract
SRI NURHALIMAH. NIM: 58451140. “PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE TAI(TEAMS ACCELERATED INSTRUCTION) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA (STUDI EKSPERIMEN PADA KELAS VIII SMP PGRI CIAWIGEBANG KAB.KUNINGAN)”.Skripsi. Cirebon:Fakultas Tarbiyah, Jurusan Tadris Matematika,IAIN Syekh Nurjati,Juli 2012. Berdasarkan observasi awal di SMP PGRI Ciawigebang Kabupaten Kuningan, ketika pembelajaran matematika kelas VIII sedang berlangsung, terdapat beberapa siswa yang tidak memperhatikan guru yang sedang menerangkan materi dengan menggunakan metode ceramah, bahkan ada juga siswa yang tertidur, dari hal ini bisa diketahui bahwa mereka kurang termotivasi untuk belajar. Selain itu, dari data hasil ulangan harian dan kegiatan harian yang diperoleh menyimpulkan bahwa prestasi belajar siswa relatif rendah. Oleh karena itu, peneliti akan menerapkan model pembelajaran kooperatif metode TAI(Teams Accelerated Instruction) karena metode ini merupakan salah satu cara yang digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa, sehingga peneliti menyampaikan materi pelajaran dengan menggunakan kelompok belajar. Jadi masalah dalam penelitian ini adalah pengaruh setelah diterapkannya metode TAI(Teams Accelerated Instruction) pada materi bangun ruang sisi datar terhadap prestasi belajar matematika siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pembelajaran matematika yang biasa berlangsung di SMP PGRI Ciawigebang Kabupaten Kuningan,mengetahui apakah pembelajaran matematika dengan menggunakan metode TAI (Teams Accelerated Instruction) menjadikan prestasi belajar lebih tinggi daripada biasanya, mengetahui seberapa berapa besar pengaruhnya setelah diterapkannya kedua metode pembelajaran dan bagaimana respon/persepsi siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan metode ini. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa salah satu dampak positif dari digunakannya model pembelajaran kooperatif metode TAI (Teams Accelerated Instruction) adalah dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini beranjak dari hipotesis, jika penerapan pembelajaran metode TAI (Teams Accelered Instruction) dapat memberikan pengaruh yang lebih tinggi daripada menggunakan pembelajaran yang biasa digunakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif dengan metode eksperimen. Sedangkan untuk pengumpulan data menggunakan dokumentasi, wawancara, observasi, angket dan tes. Data hasil pengukuran kemudian dianalisis menggunakan rumus uji t-test independent adapun untuk mengetahui besarnya pengaruh dinyatakan dalam sebuah ukuran Cohen’s d serta untuk melengkapinya peneliti menggunakan uji regresi variabel Dummy. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa setelah diterapkannya metode pembelajaran terdapat perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Metode TAI memberikan pengaruh 4 lebih baik sebesar 67,3% dibandingkan dengan metode konvensional, ditandai dengan angka Cohen’s d sebesar 0,673 yang berarti pengaruhnya sedang (medium). Dan tinggi-rendahnya prestasi belajar siswa sebesar 8,8 % adalah dipengaruhi oleh pemberian metode yang berbeda. Selebihnya, yang 91,2 % adalah pengaruh oleh faktor lain misalnya kompetensi guru, bahan ajar, motivasi siswa, alat peraga dst. Kata kunci : model pembelajaran kooperatif metode TAI dan prestasi belajar matematika siswa
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 20 Mar 2017 01:24 |
Last Modified: | 07 Jun 2017 02:23 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1015 |
Actions (login required)
View Item |