ROFATUL FUADZ, (2012) UPAYA MENINGKATKAN KESIAPAN BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER PEMBELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG KUBUS DAN BALOK (Penelitian Tindakan Kelas Pada siswa Kelas VIII MTs. Islamic Centre Kec. Kedawung Kab. Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
127350086_rofatul fuadz_5845 1129__ok.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ROFATUL FUADZ : Upaya Meningkatkan Kesiapan Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Pada Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Bangun Ruang Kubus Dan Balok Di MTs. Islamic Centre Cirebon. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh studi pendahuluan peneliti, obeservasi dan hasil wawancara pada guru mata pelajaran matematika. Kesiapan siswa dalam pembelajaran masih sangat rendah seperti tidak mempersiapkan alat-alat pelajaran berupa LKS dan buku paket sering kali tidak membawa, tingkat emosional siswa dalam proses pembelajaran masih tidak terkontrol. Pemahaman siswa dalam konsep belajar mamatematika masih kurang baik karena mengganggap matematika sulit. Oleh karena itu, kesiapan siswa dalam pembelajaran matematika belum maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui respon siswa melalui strategi pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together) dan untuk mengetahui kesiapan belajar siswa melalui strategi pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together) mata pelajaran matematika. Stategi pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together merupakan salah satu strategi pembelajaran yang memacu mengembangkan kesiapan belajar dengan pembentukan diskusi kelompok untuk memecahkan soal secara bekerja sama dan mempresentasikan hasil kelompok dengan baik dan guru memberikan penghargaan kepada kelompok dan siswa berprestasi . Dengan demikian strategi pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dapat meningkatkan kesiapan belajar siswa Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 3 siklus yang terdiri dari: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di MTs.Islamic Centre kecamatan kedawung kabupaten cirebon dengan subyek penelitian adalah siswa kelas VIIIA yang berjumlah 37 siswa. Guru pamong bertindak sebagai observer dan peneliti sebagai guru. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan angket. Hasil pengamatan kesiapan belajar siswa siswa pada siklus I adalah 65% pada siklus II adalah 72% dan siklus III 81%. Pada respon siswa terhadap strategi pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) sebesar 76%. Dengan perolehan hasil diatas diketahui bahwa penggunaan strategi pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan kesiapan belajar siswa dalam pembelajaran matematika.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 20 Mar 2017 01:29 |
Last Modified: | 07 Jun 2017 01:52 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1016 |
Actions (login required)
View Item |